Salip David da Silva, Aleksandar Rakic Jadi Top Scorer Liga 1 2018

Oleh Aditya Wany pada 09 Des 2018, 20:50 WIB
PSMS Medan Vs PS Tira

Bola.com, Jakarta - Striker PS Tira, Aleksandar Rakic menjadi top scorer Liga 1 2018. Pemain asal Serbia itu telah mencetak 21 gol, menyalip raihan striker Persebaya, David da Silva, yang punya koleksi 20 gol. 

Status Rakic sebagai top scorer ditentukan pada laga pekan terakhir melawan Borneo FC. Sebelum, pertandingan, dia baru mencetak 19 gol. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu sore (9/12/2018) itu, PS Tira menang 3-1 dan dua gol di antanya dicetak Rakic. 

Sebelum kompetisi dimulai, tidak ada yang meprediksi Rakic akan menjadi pemain tersubur di Liga 1. Dia terhitung sebagai pemain asing baru di Indonesia. Selain itu, nama Marko Simic yang melambung bersama Persija Jakarta pada pramusim juga lebih dijagokan. 

Malah, Rakic sebenarnya belum pernah menduduki posisi teratas daftar pencetak gol Liga 1. Dia beberapa kali kalah dari striker tajam lainnya. Selain David dan Simic, masih ada Ezechiel N’Douassel (Persib Bandung), Bruno Silva (PSIS Semarang), Fernando Rodriguez (Mitra Kukar). 

Tanda-tanda kecermalangan Rakic mulai muncul saat mencetak hattrick pertama di Liga 1 pada pekan kelima. Saat itu, The Army kalah 3-4 dari PSM Makassar (21/4/2018). Namun, Rakic memborong semua gol yang dicetak oleh PS Tira. 

Pernah pula striker berusia 31 tahun itu mandul dan gagal mencetak gol dalam empat pertandingan beruntun pada pekan ke-17 hingga pekan ke-20. Namun, setelah itu dia tampil konsisten dengan mencetak masing-masing satu gol pada empat bertandingan berikutnya secara berturut-turut. 

Pada pertengahan kompetisi, tepatnya pekan ke-27, Rakic menorehkan 16 gol usai membawa PS Tira menang 4-1 atas Persela Lamongan (28/10/2018). Saat itu dia sesumbar ingin menjadi top scorer Liga 1 karena sudah kembali produktif.

“Ini adalah pertama kali saya menjadi top scorer di sebuah tim,” kata Rakic. 

 

 

David da Silva
David da Silva menjadi pemain tersubur di Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Pada saat yang bersamaan, David da Silva masih tertahan dengan angka raihan 16 gol. Striker asal Brasil itu kebetulan sedang cedera dan absen membela Persebaya dalam lima pertandingan beruntun. Pada momen inilah tidak ada yang berhasil mengungguli David. 

Rupanya, Rakic kemudian juga gagal mencatatkan namanya di papan skor pada pekan ke-31 dan ke-32,. Torehan golnya mentok pada angka 16 dengan hanya menyisakan dua laga tersisa. Justru, pada momen inilah Rakic menjelma sebagai predator ganas. 

Dia mencetak hattrick keduanya di Liga 1 saat PS Tira menang 4-2 atas PSMS Medan pada pekan ke-33 (5/12/2018) dan membuat raihan golnya mencapai 19 atau menempel ketat David da Silva yang masih stagnan di angka 20. 

David kemudian gagal mencetak gol dalam tiga laga terakhir Persebaya saat melawan Bhayangkara FC, PSMS Medan, dan terakhir PSIS Semarang. Di momen inilah, Rakic menambah dua gol dan menyalip David.

Rakic menjadi satu-satunya striker asing yang tampil konsisten di Liga 1 musim ini. Dia selalu tampil dalam pertandingan PS Tira, alias mencatatkan 34 penampilan atau semua pertandingan di Liga 1. Lebih dari itu, Rakic juga selalu tampil 90 menit di semua pertandingan.