Liga 1 2018 Berakhir, Dua Pemain Persebaya Mudik ke Papua

Oleh Aditya Wany pada 10 Des 2018, 15:29 WIB
Osvaldo Haay

Bola.com, Surabaya - Hanya sehari setelah pertandingan, Persebaya memberikan libur kepada pemain. Klub berjulukan Bajul Ijo itu meraih kemenangan 1-0 atas PSIS Semarang pada laga pamungkas Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (8/12/2018).

Sejumlah pemain Persebaya mulai meninggalkan Surabaya dan pulang ke kampung masing-masing sejak Minggu (9/12/2018). Beberapa di antaranya adalah para pemain asal Papua seperti Osvaldo Haay dan Nelson Alom.

Mereka memutuskan pulang lebih cepat untuk merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga. Memang masih lama, namun manajemen telah memberi izin kepada pemain non-muslim untuk mendapat libur lebih banyak.

"Selama bergabung Persebaya pada awal musim ini, saya hanya sekali pulang ke Jayapura. Itu pun karena Persebaya main tandang ke markas Persipura. Saat itu juga saya tidak main karena dapat sanksi," ucap Osvaldo kepada Bola.com.

Kepulang terakhir Osvaldo ke Jayapura itu sebenarnya belum lama. Lawatan Persebaya ke markas Persipura terjadi pada 30 Oktober, atau tidak sampai sebulan lalu. Namun, momen kali ini tentu saja berbeda.

Osvaldo ingin merayakan hari besar agamanya bersama keluarga besar di Jayapura. Dia juga ingin istirahat setelah melewati musim yang melelahkan bersama Persebaya. Kemungkinan, mantan pemain Persipura itu akan kembali pada Januari nanti.

"Sebelumnya, karier saya hanya di kota kelahiran saya itu. Ini kan pertama kali saya merantau ke luar Jayapura. Jadi, rasa kangen itu sangat terasa. Semua keluarga ingin berkumpul pada akhir tahun," imbuh Osvaldo.

Sebenarnya tidak semua pemain Persebaya asal Papua memutuskan langsung pulang kampung setelah pertandingan. Bek kiri Ruben Sanadi saat ini masih di Surabaya dan tinggal bersama istri dan anaknya.