Osvaldo Haay Menerima Penghargaan Pemain Muda Terbaik Liga 1 2018

Oleh Aditya Wany pada 10 Des 2018, 18:30 WIB
Osvaldo Haay

Bola.com, Surabaya - aPemain sayap Persebaya, Osvaldo Haay menjadi pemain muda terbaik Liga 1 2018. Dia berhasil mengalahkan Hansamu Yama (Barito Putera) dan Febri Hariyadi (Persib Bandung).

Sayangnya, Osvaldo sudah terlanjur pulang ke Jayapura pada Minggu (9/12/2018). Alhasil, penyerahan dilakukan oleh Manajer Media dan Humas PT LIB, Hanif Marjuni, kepada Manajer Persebaya, Candra Wahyudi. 

Marjuni menjelaskan bahwa ada banyak indikator dari pihaknya untuk memilih Osvaldo sebagai pemain muda terbaik. Salah satu pertimbangannya adalah penampilan konsisten pemain kelahiran Jayapura itu selama Liga 1. 

Hanis menjelaskan bahwa penilian penentuan dan kriteria untuk pemain muda ini dilakukan oleh tim Technical Study Group (TSG). Yang jelas, untuk masuk dalam kategori ini pemain harus masih berusia di bawah 23 tahun.

“Sebenarnya, tadinya kami memasukkan juga beberapa nama selain Osvaldo, Hansamu, dan Febri. Termasuk Dendy Sulistyawan (Persela Lamongan). Setelah melihat catatan statistik, ternyata nama Osvaldo lebih unggul,” ucap Hanif kepada awak media di Kantor Persebaya, Senin sore (10/12/2018). 

Osvaldo Haay selebrasi bersama rekan satu tim di Persebaya setelah membobol gawang Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (26/11/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Selama musim ini, pemain berusia 20 tahun itu telah membukukan sembilan gol dan dua assist dalam 21 dari 34 pertandingan Persebaya. Catatan itu menjadi yang terbaik di antara para pemain muda lainnya di Liga 1. 

Manajer Persebaya, Candra Wahyudi sangat bangga melihat pemainnya bisa meraih penghargaan individu. Raihan ini bisa menjadi pelipur lara bagi Persebaya yang sebenarnya bisa mendapat dua penghargaan lain, pemain terbaik dan top scorer, yang akhirnya batal didapat David da Silva. 

“Apa yang ditunjukkan oleh Osvaldo sangat baik dengan performanya. Semoga bisa menjadi motivasi buat dia di berikutnya. Dia juga bisa menjadi contoh bagi pemain Persebaya untuk terbaik di setiap pertandingan,” kata Candra.

Ini merupakan untuk kali pertama Osvaldo Haay keluar sebagai pemain terbaik di kompetisi kasta tertinggi Indonesia. Pada TSC 2016, Evan Dimas yang saat itu berseragam Bhayangkara FC mendapatkan penghargaan serupa. Sementara penghargaan ini pada Liga 1 2017 diraih bek muda Persija, Rezaldi Hehanusa.