Sukses Jadi Top Scorer Liga 1 2018, Berikut Ini 8 Fakta Sosok Aleksandar Rakic

Oleh Septika Shidqiyyah pada 11 Des 2018, 08:30 WIB
PSMS Medan Vs PS Tira

Jakarta - Aleksandar Rakic, penyerang asing PS Tira berhasil menasbihkan dirinya sebagai Top Skor Liga 1 2018. Rakic berhasil mengemas total 21 gol dalam semusim. Ia pun sukses menjadi bomber tertajam di pentas Liga 1 musim 2018.

Rakic memenangkan persaingan top skor Liga 1 2018 dengan bomber milik Persebaya Surabaya, David Da Silva. Kesuksesan yang diraih oleh Rakic ini bisa dibilang cukup dramatis. Pasalnya, sebelumnya koleksi golnya tertinggal dari Da Silva. Pemain asal Brasil itu sudah mengemas 20 gol.

Namun kemudian pada pekan terakhir kompetisi Liga 1, Rakic sukses menambah tabungan golnya saat PS Tira berhadapan dengan Borneo FC di Samarinda, Minggu (09/12/2018). Saat itu ia mencetak dua gol sekaligus dan membantu timnya menang 3-1.

Bagi striker asal Serbia itu, kesuksesan ini seakan bermakna ganda. Sebab selain sukses menjadi top skor Liga 1 2018, ia juga sukses membawa PS Tira keluar dari zona degradasi.

Dibanding David da Silva atau Marko Simic nama Aleksandar Rakic memang terbilang asing. Pasalnya ia memang pemain abru dalam Liga Indonesia. Penasaran sama sosoknya?

Nah, yuk kenalan lebih lanjut dengan sosok pencetak gol terbanyak di Liga 1 2018 lewat ulasan berikut ini.

2 of 3

Fakta tentang sosok Aleksandar Rakic

PSMS Medan Vs PS Tira
Striker PS Tira, Aleksandar Rakic, melompat saat melawan PSMS Medan pada laga Liga 1 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Rabu (5/12). PSMS kalah 2-4 dari PS Tira. (Bola.com/Yoppy Renato)

1. Tidak diprediksi

Sebelum kompetisi dimulai, tidak ada yang meprediksi Rakic akan menjadi Top Skor Liga 1 2018. Pasalnya, ia terhitung sebagai pemain asing baru di Indonesia. Selain itu, ada nama Marko Simic yang melambung bersama Persija Jakarta pada pramusim juga lebih dijagokan.

2. Baru berkarier di Indonesia pada musim ini

Awalnya nama Rakic tak diperhitungkan akan keluar sebagai calon Top Skor Liga 1 2018. Pasalnya ia baru musim ini berkarier di Indonesia. Apalagi Rakic juga tak langsung bisa unjuk gigi di awal musim. Namun pada pekan ke lima, ia mencetak hattrick saat berhadapan dengan PSM Makassar pada pertengahan April lalu.

3. Belum pernah menduduki posisi teratas daftar pencetak gol Liga 1

Rakic sebenarnya belum pernah menduduki posisi teratas daftar Top Skor Liga 1 2018. Dia beberapa kali kalah dari striker tajam lainnya. Selain David dan Simic, masih ada Ezechiel N’Douassel (Persib Bandung), Bruno Silva (PSIS Semarang), Fernando Rodriguez (Mitra Kukar).

4. Mulai cemerlang di pertengahan liga 1

Tanda-tanda kecermalangan Rakic mulai muncul saat mencetak hattrick pertama di Liga 1 pada pekan kelima. Saat itu, The Army kalah 3-4 dari PSM Makassar (21/4/2018). Namun, Rakic memborong semua gol yang dicetak oleh PS Tira.

Pada pertengahan kompetisi, tepatnya pekan ke-27, Rakic menorehkan 16 gol usai membawa PS Tira menang 4-1 atas Persela Lamongan (28/10/2018).

5. Sempat tak menyumbang gol selama beberapa pekan

Mesin gol Rakic memang tak selalu terus rajin menghasilkan gol. Striker berusia 31 tahun itu pernah mandul dan gagal mencetak gol dalam empat pertandingan beruntun pada pekan ke-17 hingga pekan ke-20.

Akan tetapi pada pertengahan musim, Rakic akhirnya sukses mengemas total 16 gol. Setelah itu ia sempat mandul lagi pada pekan 31 dan 32.

Namun pada pekan ke-33 ia sukses mengemas hattrick lagi sebelum akhirnya memungkasi perjalanan musim ini dengan brace lawan Borneo FC. Sementara itu Da Silva sendiri gagal jadi Top Skor Liga 1 2018 karena ia sempat absen dalam lima laga karena cedera.

6. Pencapaian besar

Menjadi Top Skor Liga 1 2018 merupakan pencapaian terbesar dalam perjalanan karier profesional Rakic.

Status Rakic sebagai Top Skor Liga 1 2018 ditentukan pada laga pekan terakhir melawan Borneo FC. Sebelum pertandingan, dia baru mencetak 19 gol. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu sore (9/12/2018) itu, PS Tira menang 3-1 dan dua gol di antaranya dicetak Rakic.

“Ini adalah pertama kali saya menjadi top scorer di sebuah tim,” kata Rakic sebagaimana dikutip Liputan6.com dari Bola.com.

7. Satu-satunya striker yang tampil konsisten

Rakic menjadi satu-satunya striker asing yang tampil konsisten di Liga 1 musim ini. Dia selalu tampil dalam pertandingan PS Tira, alias mencatatkan 34 penampilan atau semua pertandingan di Liga 1. Lebih dari itu, Rakic juga selalu tampil 90 menit di semua pertandingan.

8. Sudah diincar klub lainnya

Ini merupakan musim pertama Rakic di Liga Indonesia. Sebelumnya ia bermain untuk klub India, Chennai City FC. Selain di negaranya, ia juga sempat lama berkiprah di Armenia. Menariknya lagi, dua klub promosi Liga 1, PSS Sleman dan Semen Padang FC, tengah mengincarnya untuk memperluat tim di musim depan.

3 of 3

Daftar Atas Pencetak Gol Liga 1 2018

PSMS Medan Vs PS Tira
Striker PS Tira, Aleksandar Rakic, saat melawan PSMS Medan pada laga Liga 1 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Rabu (5/12). PSMS kalah 2-4 dari PS Tira. (Bola.com/Yoppy Renato)

Aleksandar Rakic (PS Tira) 21 gol

David da Silva (Persebaya) 20 gol

Marko Simic (Persija Jakarta) 18 gol

Ezechiel Ndouasel (Persib Bandung) 17 gol

Bruno Silva (PSIS Semarang) 16 gol

Loris Arnaud (Persela Lamongan) 15 gol

Fernando Rodriguez (Mitra Kukar) 15 gol

 

Nonton video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓