Sukses


Data dan Fakta Lengkap Liga 1 2018

Jakarta - Persija Jakarta telah memastikan diri menjadi juara GoJek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. PSM Makassar harus puas menjadi runner up.

Perbedaan Persija dan PSM hanya satu poin di klasemen akhir Liga 1 2018. Sukses ini menjadi penantian 17 tahun paceklik juara liga bagi klub berjulukan Macan Kemayoran tersebut.

Sejumlah penghargaan pun mengiringi sukses Persija musim ini. Tahun 2018 juga jadi milik Ismed Sofyan dan kawan-kawan setelah mereka sebelumnya menyabet trofi Piala Presiden Februari lalu.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra alias Teco dinobatkan sebagai pelatih terbaik Liga 1 2018. Nakhoda asal Brasil ini menyatakan suksesnya berkat semua orang di klub.

"Terima kasih atas pilihan sebagai pelatih terbaik yang diberikan. Gelar ini berkat kerja sama dengan asisten pelatih dan semua ofisial," ujar Teco.

Kemudian gelandang Persija asal Nepal, Rohit Chand terpilih sebagai pemain terbaik kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu. Rohit mengaku tak menyangka mendapat penghargaan tersebut.

"Saya bukan pemain individu, semua berkat kerja sama tim. Jadi sebenarnya tidak terlalu berharap dengan penghargaan ini. Saya sudah puas karena Persija bisa meraih gelar juara," kata Rohit Chand.

Namun, penghargaan pencetak gol terbanyak atau top scorer jatuh ke bomber PS Tira, Aleksandar Rakic, yang mencetak 21 gol. Berikut daftar lengkap penghargaan Liga 1 2018.

2 dari 2 halaman

Daftar Penghargaan

1. Juara: Persija Jakarta

2. Zona Asia: PSM Makassar (runner-up), Bhayangkara FC (peringkat 3)

2. Pelatih terbaik:  Stefano Teco Cugurra (Persija)

3. Top scorer: Aleksandar Rakic (PS Tira) 21 Gol

4. Pemain terbaik: Rohit Chand (Persija)

5. Pemain muda terbaik: Osvaldo Ardiles Haay

6. Degradasi: Mitra Kukar, Sriwijaya FC, PSMS Medan

7. Promosi: PSS Sleman, Semen Padang, Kalteng Putra

8. Kiper dengan penyelamatan terbanyak: Wawan Hendrawan (Bali United) 79

9. Pemain dengan tekel terbanyak: Nazar Nurzaidin (Barito Putera) 67

10. Pemain dengan tembakan terbanyak: Aleksandar Rakic (PS Tira) 42

11. Pemain dengan operan terbanyak: Matias Cordoba (Barito Putera) 1.638

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

Video Populer

Foto Populer