5 Pemain Asing yang Cemerlang di Liga 1 2018

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 13 Des 2018, 09:15 WIB
Liga 1 Pemain Asing 2018

Bola.com, Jakarta - Liga 1 2018 telah menyelesaikan seluruh pertandingannya pada Minggu (9/12/2018). Sebanyak 306 pertandingan tersebut digelar dalam 34 pekan.

Ada 69 pemain asing yang tersebar dalam 18 klub bermain di Liga 1 2018. Brasil menjadi negara yang paling banyak menyumbang pemain asing yakni berjumlah 19 orang.

Adapun untuk pemain Asia, terdapat 15 orang. Hanya Arema FC, Persipura Jayapura, dan PSIS Semarang yang pada musim ini tidak menggunakan jasa pemain Asia.

Pemain asing yang berlaga di Liga 1 2018 selalu menghuni skuat inti di klubnya masing-masing. Meskipun secara kualitas, permainan mereka masih banyak yang setara dengan kemampuan pemain lokal.

Namun, ada beberapa pemain asing yang pada kenyataannya memiliki kemampuan di atas rata-rata pemain lokal. Para pemain asing tersebut memiliki peran penting untuk mencetak gol, assist, dan mengawal lini belakang.

Contohnya adalah penyerang PS Tira, Aleksandar Rakic, yang mendapatkan trofi sepatu emas setelah mencetak 21 gol musim ini. Kemudian ada gelandang Persija Jakarta, Rohit Chand, yang mendapatkan predikat pemain terbaik musim ini.

Lantas, siapa saja pemain asing yang sukses di Liga 1 2018? Berikut ini lima pemain asing yang mampu memberikan penampilan terbaik sepanjang musim ini versi Bola.com:

2 of 6

Jaimerson Xavier (Persija Jakarta)

Bek Persija Jakarta, Jaimerson Xavier, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Borneo FC pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Sabtu (14/4/2018). Persija menang 2-0 atas Borneo FC. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Nama Lengkap : Jaimerson da Silva Xavier

Tempat dan Tanggal Lahir : Guarulhos, Brasil, 26 Februari 1990

Posisi : Bek

Persija merekrut Jaimerson Xavier dari klub Brasil, Santa Cruz pada 2017. Pada musim perdananya di Persija, pemain berusia 28 tahun itu mampu memberikan penampilan apik.

Hal itu kemudian berlanjut musim ini di Liga 1 2018. Kehadiran Jaimerson di lini belakang membuat jantung pertahanan Persija sukar ditembus.

Tak hanya menjadi palang pintu tangguh, Jaimerson juga bisa diandalkan dalam urusan mencetak gol. Jaimerson tercatat sukses mencetak tujuh gol di Liga 1 2018 yang sebagaian besar berasal dari sundulan.

3 of 6

Wiljan Pluim (PSM Makassar)

Gelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim (Willem Jan Pluim) dalam laga melawan Persija Jakarta, pada 15 Agustus 2017. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Nama Lengkap : Willem Jan Pluim

Tempat dan Tanggal Lahir : Zwolle, Belanda, 4 Januari 1989

Posisi : Gelandang

Keberhasilan PSM Makassar menjadi pesaing gelar Liga 1 2018 tak bisa dipisahkan dari peran Wiljan Pluim. Pemain asal Belanda itu hadir di lini tengah Juku Eja sebagai kreator serangan.

Pluim sukses tampil dalam 29 pertandingan. Bahkan, pemain berusia 29 tahun itu sukses mencetak lima gol dan membuat lini depan PSM menjadi salah satu yang paling tajam di Liga 1 2018.

Kontrak Wiljan Pluim di PSM masih akan berlaku sampai 2021. Artinya, musim depan Wiljan bakal kembali memiliki peran penting di skuat asuhan Robert Alberts itu.

 

4 of 6

Diego Assis (Persela Lamongan)

Gelandang Persela, Diego Assis, menghindari kejaran bek Persija, Asri Akbar, saat melawan Persija pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Selasa (20/11). Persija menang 3-0 atas Persela. (Bola.com/Yoppy Renato)

Nama Lengkap : Diego Assis Figueiredo

Tempat dan Tanggal Lahir : Sao Paulo, 14 September 1987

Posisi : Penyerang

Diego Assis bergabung dengan Persela Lamongan pada awal musim 2018. Pemain asal Brasil itu mampu cepat beradaptasi dengan atmosfer sepak bola Indonesia.

Pada awal musim, Diego Assis menjelma menjadi penyerang yang berbahaya. Sepanjang Liga 1 2018, pemain berpostur 166 itu sukses menghuni skuat inti Persela dengan mencatatkan 28 pertandingan.

Diego Assis juga sukses mempersembahkan tujuh assist untuk Persela. Tak hanya itu, pemilik nama lengkap Diego Assis Figueiredo itu juga berhasil mencetak enam gol.

5 of 6

Bruno Silva (PSIS Semarang)

Penyerang PSIS Semarang, Bruno Silva, mencetak gol tunggal kemenangan timnya atas Sriwijaya FC pada laga pekan ke-27 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Selasa (23/10/2018). (Bola.com/Ronald Seger Prabowo)

Nama Lengkap : Bruno Silva

Tempat dan Tanggal Lahir : Sao Paulo, 14 April 1991

Posisi : Penyerang

Sebagai klub promosi pada Liga 1 2018, PSIS Semarang langsung menggebrak dengan mendatangkan Bruno Silva. Pemain asal Brasil itu diboyong demi mempertajam lini depan Laskah Mahesa Jenar.

Keputusan merekrut Bruno Silva ternyata tak sia-sia. Pemain berusia 27 tahun langsung cepat beradaptasi dengan PSIS dan sepak bola Indonesia.

Bruno Silva mampu menunjukkan ketajamannya dengan mencetak 16 gol dalam 31 laga yang dimainkannya. Tak hanya mencetak gol, Bruno Silva juga memiliki kepiawaian mencetak assist dan berhasil mempersembahkan sembilan koleksi.

6 of 6

Aleksandar Rakic (PS Tira)

Striker PS Tira, Aleksandar Rakic, berusaha mengontrol bola saat melawan PSMS Medan pada laga Liga 1 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Rabu (5/12). PSMS kalah 2-4 dari PS Tira. (Bola.com/Yoppy Renato)

Nama Lengkap : Aleksandar Rakic

Tempat dan Tanggal Lahir : Novi Sad, Yugoslavia, 17 Januari 1987

Posisi : Penyerang

Aleksandar Rakic bergabung dengan PS Tira pada awal musim 2018. Pemain asal Serbia itu langsung membuktikan kualitasnya ketika dipercaya menghuni tim inti The Army.

PS Tira berhasil lolos dari lubang jarum degradasi berkat penampilan apik Aleksadar Rakic. Pemain berusia 31 tahun itu mencetak lima gol dalam dua laga terakhir yang membuat PS Tira bertahan di Liga 1 musim depan.

Secara keseluruhan, Rakic mengemas 21 gol di Liga 1 2018. Pencapaian itu membuat namanya menjadi pemain paling subur musim ini dan berhak mendapatkan sepatu emas Liga 1 2018.

Lanjutkan Membaca ↓