Sukses


Persija, Persipura, dan Sriwijaya FC Miliki Pemain Veteran Terbanyak di Liga 1 2018

Bola.com, Jakarta - Pemain-pemain veteran masih menghiasi Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan Sriwijaya FC tercatat paling banyak menggunakan pemain veteran di Liga 1 2018.

Mengacu kepada regulasi Liga 1 2017, saat itu diberlakukan setiap klub hanya boleh memiliki maksimal tiga pemain veteran dengan indikator di atas 35 tahun. Namun, regulasi tersebut tak lagi diterapkan di Liga 1 2018.

Namun, jika mengambil indikator pemain veteran di Liga 1 dikelompokkan sebagai pemain di atas 35 tahun, cukup banyak tim yang masih menggunakan jasa pemain-pemain berpengalaman itu.

Sebanyak 31 pemain veteran digunakan 13 klub Liga 1 2018. Hanya lima tim, yaitu PSM Makassar, PSIS Semarang, Persela Lamongan, Perseru Serui, PS Tira, yang tidak menggunakan pemain dengan kategori usia di atas 35 tahun.

Sementara yang paling banyak menggunakan pemain berusia 35 tahun ke atas ada tiga tim, yaitu Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan Sriwijaya FC. Tiga tim tersebut masing-masing menggunakan jasa empat pemain dengan kategori usia di atas 35 tahun.

Empat pemain yang dimiliki Persija adalah Ismed Sofyan (39 tahun), Bambang Pamungkas (38), Maman Abdurrahman (36), dan Rudi Widodo (35). Bicara mengenai menit bermain, Maman Abdurrahman menjadi yang paling sering dimainkan di antara empat pemain veteran Macan Kemayoran.

Tercatat bek tengah Persija itu bermain selama 2.246 menit, unggul sedikit dari Ismed Sofyan yang mengemas 2.124 menit, dengan jumlah pertandingan yang sama yaitu 25 laga.

Beralih ke Persipura, tim berjulukan Mutiara Hitam itu juga memiliki empat pemain di atas 35 tahun, yaitu Hilton Moreira dan Addison Alves yang sama-sama sudah berusia 37 tahun, dan Yustinus Pae serta Marcio Rosario yang berusia 35 tahun.

Hilton Moreira dan Yustinus Pae, dua pemain veteran yang paling banyak bermain. Yustinus Pae mengemas 2.962 menit dalam 33 pertandingan, sementara Hilton mencatatkan 2.541 menit permainan dalam 29 laga.

Addison Alves hanya mengoleksi 978 menit pertandingan karena baru bergabung dengan Persipura di tengah musim. Namun, ia mencatatkan 4 gol dari total 5 gol yang dicetaknya pada musim ini bersama Persipura.

Sementara Sriwijaya FC memainkan empat pemain berusia di atas 35 tahun. Keempat pemain itu adalah Beto Goncalves (37 tahun), Sandy Firmansyah (35), Goran Ganchev (35), Yoo Hyun-koo (35).

Namun, Sandy Firmansyah, sang penjaga gawang, harus mundur dari tim pada September lalu karena urusan keluarga. Sementara Beto Goncalves dan Yoo Hyun-koo menjadi dua pemain veteran yang paling sering dimainkan Sriwijaya FC.

Yoo Hyun-koo mengoleksi 2.359 menit dalam 31 laga. Sementara Beto Goncalves yang sempat mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia, mencatatkan 2.077 menit dalam 25 laga dan mengoleks 11 gol.

Jika bicara soal usia tertua, Ismed Sofyan jadi pemain paling veteran yang tampil di Liga 1 2018 dengan usia 39 tahun. Namun, Ismed mampu memperlihatkan kualitas dengan tampil dalam 25 pertandingan dari 34 pertandingan yang dijalani Persija Jakarta di Liga 1 2018.

Video Populer

Foto Populer