PSSI Masih Merahasiakan Nama Pelatih Timnas Indonesia

Oleh Aditya Wany pada 18 Des 2018, 06:30 WIB
Timnas Indonesia U-19 Vs Jepang U-19

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia dalam berbagai level dinanti banyak agenda pada tahun 2019. Pada tahun itu, akan ada empat kejuaraan yang diikuti oleh skuat Garuda. 

Mulai SEA Games, Piala AFF U-22, Kualifikasi Piala AFC U-23, Piala AFFC U-19, dan Piala AFF U-16. Dalam tiga turnamen yang disebut pertama, tim yang akan diturunkan adalah Timnas Indonesia U-22. Sementara Timnas Indonesia senior tidak memiliki agenda turnamen. 

Masalahnya, PSSI masih belum menentukan sosok pelatih yang akan menangani masing-masing tim tersebut. Wakil Ketum PSSI, Joko Driyono menyebutkan bahwa pihaknya akan bergerak cepat mengumumkan nama para pelatih itu. 

“PSSI akan mengambil keputusan tercepat 20 Desember ini, terjauh 20 Januari 2019, untuk empat level timnas, yaitu senior, U-22 SEA Games, U-19 dan U-16. Beberapa nama sudah ada, tapi saya mohon maaf tidak bisa menyebutkan tunggu karena waktunya tidak lama,” ucap pria yang akrab disapa Jokdri itu setelah diskusi bertajuk PSSI Harus Baik di Graha Pena, Surabaya, Senin (17/12/2018). 

Turnamen terdekat yang harus diikuti oleh Timnas Indonesia adalah Piala AFF U-22 di Kamboja. Ajang itu bakal digelar pada 17 Februari sampai 2 Maret 2019. Sesuai dengan hasil undian, Timnas Indonesia U-22 akan tergabung di B bersama Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Myanmar. 

“PSSI juga menyadari di bulan Februari sudah ada AFF U-22 itu bisa saja pelatih tercepat harus ditetapkan. Biarkan misterinya terkuak dalam waktu singkat ini,” ucap Jokdri. 

Jokdri meminta kepada seluruh pihak bersabar menantikan keputusan PSSI tentang semua level timnas pada tahun depan. Pihaknya ingin memastikan bahwa semua aspek dalam pengembangan sepak bola Indonesia dilakukan dengan baik. 

“Itulah yang saya ingin sampaikan bahwa indikator timnas senior memang segalanya. Tapi jangan sampai nanti kami tercecer di level usia dan lupa menyiapkan anak-anak muda sehingga tertinggal. Ini investasi besar untuk masa depan sepak bola kita,” imbuhnya. 

Beberapa nama sebenarnya sudah muncul dan dirumorkan akan menangani Timnas Indonesia. Di antaranya adalah mantan pelatih klub Liga 1, yaitu Stefano Cugurra Teco (Persija Jakarta) dan Simon McMenemy (Bhayangkara FC).