Libur Kompetisi, Jafri Sastra Tetap Tak Bisa Jauh dari Sepak Bola

Oleh Vincentius Atmaja pada 19 Des 2018, 09:15 WIB
Jafri Sastra

Bola.com, Padang - Hampir seluruh tim meliburkan pemain dan tim pelatih setelah menuntaskan Liga 1 2018 maupun pertandingan babak 64 besar di Piala Indonesia 2018. Pemain hingga jajaran pelatih mengisi waktu libur dengan kembali pulang kampung. Termasuk PSIS Semarang, yang meraih kesuksesan musim ini.

Tim yang memiliki julukan Mahesa Jenar ini menutup kompetisi Liga 1 2018 dengan finis di urutan ke-10 klasemen akhir. PSIS berstatus sebagai tim debutan, jadi pencapaian itu sudah cukup lumayan.

Pelatih PSIS, Jafri Sastra, termasuk barisan yang menikmati masa libur dengan mudik. Pelatih berusia 53 tahun ini sudah berada di kampung halamannya Padang, Sumatra Barat.

Meski sedang menikmati libur kompetisi, aktivitas Jafri Sastra di rumah masih saja berhubungan dengan si kulit bundar.

Mantan pelatih Persis Solo ini ikut membagi pengalamannya dengan melatih Sekolah Sepak Bola (SSB) PSTS Tabing, Kota Padang. Jafri merupakan salah seorang pendiri SSB PSTS Tabing.

"Sudah menjadi kegiatan rutin saya ketika liburan berada di kampung halaman. Saya lebih ke diskusi saja secara teknis dalam hal program latihan dengan tim pelatih SSB. Sebagai bentuk kepedulian untuk kemajuan sepak bola di tanah kelahiran," kata Jafri Sastra, Selasa (18/12/2018).

Jafri Sastra mengakui begitu besarnya minat anak-anak di kampung halamannya bermain sepak bola. Itulah mengapa, mantan pelatih Mitra Kukar dan Persipura Jayapura ini ingin agar calon-calon pemain masa depan Indonesia tersebut mendapat materi yang tepat.

"Saya juga bisa sharing dengan pelatih-pelatih di sini. Semangat anak-anak juga sangat besar, sayang kalau motivasi mereka tak dikembangkan. Jadi, ya meski libur, saya tetap tidak bisa jauh-jauh dari sepak bola," ucapnya.

Jafri mendapat waktu libur dan menunggu panggilan manajemen PSIS untuk persiapan Liga 1 musim depan.

Jafri berhasil mengangkat PSIS dari jeratan degradasi, meski baru datang di pertengahan musim. Tercatat delapan kemenangan, dua imbang, dan tiga kali kekalahan berhasil diraih oleh PSIS bersama Jafri Sastra. Bruno Silva dkk. langsung meroket dan menyegel papan tengah klasemen akhir Liga 1 2018.