Pilih Gol Zulfiandi Jadi yang Terbaik di Piala AFF 2018

Oleh Aning Jati pada 19 Des 2018, 15:15 WIB
Thailand Vs Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Piala AFF 2018 sudah memunculkan Vietnam sebagai juara baru, menghentikan dominasi Thailand dalam dua penyelenggaraan terakhir. Namun, pencinta sepak bola masih belum "diizinkan" move on dari turnamen sepak bola paling elite di kawasan Asia Tenggara itu. 

Panpel AFF seperti tercantum dalam situs resmi turnamen, merilis delapan gol yang dicetak delapan pemain, sebagai nominasi gol terbaik di Piala AFF 2018. Gol pemain Timnas Indonesia, Zulfiandi, masuk daftar.

Mungkin masih lekat dalam ingatan, Zulfiandi mencetak gol indah itu ke gawang Thailand pada penyisihan Grup B. Ia mencetak gol perdana pada laga yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/11/2018) itu, tepatnya menit ke-29.

Zulfiandi, yang tak terkawal pemain lawan, menyambut umpan Evan Dimas dari sepak pojok. Dengan sedikit kontrol, ia mengarahkan bola ke arah gawang dari luar kotak penalti, dengan kaki kanan. Bola meluncur deras ke gawang tanpa mampu dihalau kiper tuan rumah Sivarak Tedsungnoen.

Tak hanya itu, ada dua gol lain yang melibatkan Indonesia, ikut masuk daftar. Namun, itu bukan gol yang dicetak pemain Tim Garuda, melainkan gol yang bersarang ke gawang Timnas Indonesia.

Dua gol itu, satu di antaranya, juga terjadi pada duel Thailand vs Indonesia. Pelakunya adalah Korrakot Wiriyaudomsiri (Thailand). Gol itu menjadi penyimbang skor 1-1 pada laga itu. Seperti diketahui, pertandingan ini berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Thailand.

Satu gol lagi dicetak Rufino Gama. Rufino mencetak satu-satunya gol Timor Leste ke gawang Timnas Indonesia pada laga yang berakhir dengan skor 3-1 pada penyisihan Grup B yang dimainkan di SUGBK, Jakarta (13/11/2018).

Nominasi gol terbaik lain jatuh pada yakni pemain Laos, Phithack Kongmathilath, pada laga kontra Malaysia, Ikhsan Fandi (Singapura) saat mengalahkan Timor Leste, Phan Van Duc (Vietnam) versus Kamboja, Syahmi Safari (Malaysia) menghadapi Thailand, dan Nguyen Anh Duc (Vietnam) ketika bersua Malaysia.

Pencinta sepak bola Indonesia bisa membantu Zulfiandi memenangi penghargaan ini. Caranya, dengan masuk ke situs resmi turnamen AFF dan mengklik nama Zulfiandi pada bagian daftar nominasi gol terbaik Piala AFF 2018.

Sumber: AFF Suzuki Cup