Pilar Asing Mitra Kukar dan Borneo FC Hijrah ke Kedah FA

Oleh Aning Jati pada 19 Des 2018, 17:00 WIB
Mitra Kukar, Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak, Bola.com

Bola.com, Alor Setar - Berakhirnya Liga 1 2018 menjadi awal baru bagi pemain. Ada yang memutuskan ganti klub, ada pula yang memilih bertahan untuk kiprah di musim 2019. Dua pemain asing yang sempat jadi sorotan, Fernando Rodriguez Ortega (Mitra Kukar) dan Renan Da Silva Alves (Borneo FC) memutuskan keluar dari Indonesia, hijrah ke Liga Super Malaysia, Kedah FA.

Keputusan keduanya pindah diketahui dari media sosial resmi Kedah, yang mengunggah kedatangan keduanya di klub yang dibela Andik Vermansah pada musim 2018 itu.

Kedah FA melakukan perombakan besar menyongsong musim 2019, satu di antaranya dengan merekrut pelatih asal Singapura, Aidil Sharin. Mantan arsitek Home United itu lantas meminta manajemen mendatangkan pemain-pemain top.

Fernando Rodriguez Ortega dan Renan Da Silva Alves masuk daftar belanja Aidil. Untuk pemain lokal, kapten Timnas Malaysia di Piala AFF 2018, Zaquan Adha Abdul Razak, ikut diboyong.

Fernando Rodriguez Ortega (Spanyol) dan Renan Da Silva Alves (Brasil) merupakan pilar Mitra Kukar dan Borneo FC selama Liga 1 2018. 

Fernando Rodriguez sempat memuncaki daftar top scorer Liga 1 2018. Gol-golnya membantu tim Naga Mekes, meski pada akhirnya tak mampu menyelamatkan tim asal Kutai Kartanegara itu dari jerat degradasi di pengujung musim lantaran finis di peringkat ke-16.

Ia mencetak 15 gol dari 30 pertandingan yang dilakoni bersama Mitra Kukar pada musim 2018, dengan 2.611 menit bermain.

Sementara Renan Alves, didatangkan Borneo FC jelang paruh kedua kompetisi. Bek 26 tahun itu bermain dalam 15 pertandingan di Liga 1 2018 dengan mencatatkan 1.336 menit bermain, plus mencetak dua gol.

Selain Fernando Rodriguez dan Renan Alves, Aidil membawa bekas pemainnya di Home United, Muhammad Shakir Hamzah (Singapura), serta mendatangkan mantan gelandang Army United, Anmar Fares Abdul Jabar Almubaraki (Irak).

Pada musim 2018, Kedah FA finis di peringkat keenam dari 12 peserta Liga Super Malaysia. Tak hanya Andik Vermansah, seluruh pemain asing musim lalu dilepas klub seiring perombakan yang dilakukan untuk membuat tim lebih kuat pada musim 2019.