2 Pengamat Menyebut Simon McMenemy Cocok Melatih Timnas Indonesia

Oleh Zaidan Nazarul pada 21 Des 2018, 08:45 WIB
Gojek Liga 1 Indonesia, Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya, Bola.com

Bola.com, Surabaya - Penunjukan Simon Mcmenemy sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia mendapat respons positif dari dua pengamat sepak bola asal Jatim, Freddy Muli dan Rudy Keeltjes.

Bagi mereka, Simon adalah sosok yang tepat karena memiliki kemampuan mumpuni untuk menangani Timnas Filipina. Simon juga sudah memahami karakter sepak bola Indonesia.

"Pemahaman terhadap karakter sepak bola Indonesia ini dibutuhkan karena ia akan lebih cepat mengetahui harus memulai dari mana untuk membangun timnas yang solid," kata Freddy, eks pelatih Persis Solo.

Pelatih kelahiran Palopo ini juga menyebut pengalaman Simon menangani klub di Indonesia adalah modal besar untuk mengetahui siapa saja pemain yang pantas menghuni skuat Garuda.

"Kemampuan Simon juga sudah teruji ketika membawa Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 2017. Dengan materi yang tak terlalu mengilap, Bhayangkara FC bisa tampil sebagai juara," katanya.

Hal senada dilontarkan Rudy Keeltjes. Eks pelatih Persebaya, Persipura dan Penasihat Teknik Timnas U-19 itu menyebut Simon adalah sosok yang tepat untuk menangani Timnas Indonesia.

Meski tak mengenal dekat, ia melihat Simon sosok pelatih yang tak hanya memiliki kemampuan teknik, tapi juga cara membangkitkan motivasi para pemainnya.

Simon juga tahu kapan harus bersikap layaknya orang tua bagi pemain, dan kapan menjadi pelatih yang harus didengar perintahnya.

"Saya banyak mendengar tentang Simon dan bagaimana cara dia melatih. Saya pikir, Simon adalah bakal mampu mengemban tugasnya dengan baik di Timnas Indonesia," katanya.