Ilija Spasojevic Sebut 2018 Bukan Tahun Terbaiknya

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 21 Des 2018, 11:45 WIB
Piala Presiden 2018 : Madura United Vs Bali United

Bola.com, Gianyar - Striker Bali United, Ilija Spasojevic, mencetak 14 gol pada musim perdana bersama Serdadu Tridatu,, sembilan di antaranya dicetak di Liga 1 2018. Meski berstatus pencetak gol terbanyak Bali United, Spasojevic mengklaim 2018 bukan tahun terbaik dalam kariernya.

Spasojevic datang ke Bali United dengan torehan 13 gol selama setengah musim bersama Bhayangkara FC yang menjadi juara Liga 1 2017. Dalam setengah musim, Spasojevic yang baru kembali ke Indonesia langsung memperlihatkan ketajaman bersama The Guardians.

Namun, momen serupa tak terulang di Bali United. Spasojevic hanya mengemas 9 gol di Liga 1 2018, 2 gol di kualifikasi Liga Champions Asia 2018, dan 2 gol di Piala AFC 2018. Satu gol lain dicetaknya di Piala Indonesia saat Bali United menang atas Persekabpas Pasuruan dan lolos ke 32 besar.

Spasojevic bukan satu-satunya andalan di Bali United. Tim yang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, ini memiliki banyak bintang yang mampu mencetak gol dengan baik, seperti Stefano Lilipaly dan Melvin Platje.

"Mengenai jumlah gol saya pada 2018, itu hanya hasil usaha untuk tampil sebaik mungkin. Rekan-rekan juga tentu punya andil terhadap gol yang saya cetak. Terkait gol menggunakan banyak organ tubuh, itulah penyerang. Seorang penyerang harus mampu memanfaatkan peluang sekecil apa pun dengan berpikir cepat ketika mendapat peluang di depan gawang," kata Spasojevic seperti dilansir situs resmi Bali United.

Spasojevic mengakui tidak memperlihatkan yang terbaik pada 2018 meski telah bekerja keras. Pemain naturalisasi itu meminta maaf karena belum bisa memenuhi ekspektasi yang harus dipikulnya.

"Saya mengakui 2018 ini bukan tahun terbaik saya. Namun, di musim perdana saya bersama Bali United, saya sudah berusaha untuk tampil sebaik mungkin untuk masyarakat Bali. Mohon maaf bila itu belum sesuai dengan harapan semua pihak," ujar mantan pemain Persib Bandung itu.

Bali United tidak tampil sesuai harapan pada 2018. Setelah berhasil menjadi runner-up Liga 1 2017, Bali United diprediksi menjuarai Liga 1 2018 dengan tambahan amunisi-amunisi yang luar biasa, termasuk Spasojevic. Namun, Serdadu Tridatu hanya finis di posisi ke-11 dalam klasemen akhir Liga 1 2018.

2 of 2

Paulo Sergio ke Bali United, Spasojevic Bangkit?

Bhayangkara FC, Juara Liga 1 2017, Liga 1 2017
Pemain Bhayangkara FC, Paulo Sergio, Ilija Spasojevic, Lee Yoo-Joon merayakan keberhasilan meraih gelar juara Liga 1 2017 di Stadion Patriot Bekasi, Sabtu (12/11/2017). Bhayangkara kalah 1-2 lawan Persija. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Spasojevic mencetak 13 gol untuk Bhayangkara FC pada musim 2017 tak lepas karena umpan-umpan matang yang diberikan rekan-rekan setimnya, seperti Evan Dimas Darmono, Paulo Sergio, dan Ilham Udin Armaiyn. Saat itu, Paulo Sergio yang berstatus marquee player mencetak 10 gol dan 4 assist. Sebanyak 3 assist di antaranya diberikan kepada Spasojevic.

Namun, keduanya berpisah pada musim 2018. Paulo Sergio tetap bersama Bhayangkara FC dan Spasojevic memutuskan pindah ke Bali United. Persahabatan mereka tak padam. Bahkan di akhir musim 2018, Paulo Sergio resmi berseragam Bali United dan akan menjadi penyokong yang bagus bagi Spasojevic pada musim 2019.

"Tentu target pribadi saya ingin lebih banyak lagi memberikan kontribusi untuk tim. Sebagai penyerang pastinya berharap mencetak gol sebanyak mungkin untuk Bali United. Namun, bagaimana tim bisa mendapatkan hasil maksimal di setiap pertandingan adalah sesuatu yang lebih penting bagi saya. Saya yakin kami mampu lebih baik pada 2019," ujar Spasojevic.

Harus diakui kedatangan Paulo Sergio ke Bali United akan menjadi berkah tersendiri bagi Spasojevic. Keduanya merupakan sahabat yang senang bercanda di dalam dan luar lapangan. Keduanya terlihat sangat padu ketika sama-sama berjuang di lapangan hijau. Spasojevic pantas lebih optimistis menyambut 2019.

 

Lanjutkan Membaca ↓