Cardiff City Batasi Kesempatan Neil Etheridge Tampil di Piala Asia 2019

Oleh Aning Jati pada 22 Des 2018, 06:15 WIB
Neil Etheridge

Bola.com, Jakarta - Tak seperti Tottenham Hotspur atau Newcastle United yang bersedia melepas Son Heung-min serta Ki Sung-yueng, Cardiff City keberatan untuk menyerahkan kiper andalan, Neil Etheridge, ke Timnas Filipina yang akan tampil di Piala Asia 2019.

Cardiff City dikabarkan hanya memberikan kesempatan Etheridge gabung the Azkals dalam satu pertandingan saja di Piala Asia 2019. Hal ini disampaikan Presiden Federasi Sepak Bola Filipina, Mariano Araneta.

"Kita tahu bagaimana pentingnya Neil di Cardiff City. Jadi, dia akan bermain buat the Azkals pada laga pertama Piala Asia 2019, kemudian kembali bermain bersama Cardiff," ujar Araneta.

Mengacu pada hal itu, Neil hanya bisa tampil bersama Timnas Filipina saat menghadapi finalis edisi 2015, Korea Selatan. Duel kedua tim digelar di Al-Maktoum Stadium, Dubai, 7 Januari 2019.

Jadwal Cardiff pada pekan awal Januari 2019 terbilang padat. Pada 1 Januari, mereka akan bersua Spurs di Premier League, disusul laga kontra Gillingham di Piala FA pada 5 Januari. Setelah itu pada 12 Januari, the Bluebirds menghadapi Huddersfield Town di liga.

Terbatasnya kesempatan Neil Etheridge membela Timnas Filipina karena berbenturan dengan agenda klub tak hanya ini saja. Pada Piala AFF 2018, kiper 28 tahun itu juga hanya bisa tampil dalam satu laga saja, yakni saat the Azkals menekuk Singapura 1-0 pada laga perdana penyisihan Grup B di Stadion Panaad, Bacolod City.

Setelah itu, Etheridge ikut rombongan the Azkals terbang ke Kuala Lumpur untuk menghadapi Timor Leste. Namun, satu-satunya pemain asal Asia Tenggara di Premier League itu tak dimainkan. Selanjutnya, ia kembali terbang ke Wales untuk gabung Cardiff City.

Tanpa Neil Etheridge di Piala Asia , sebenarnya bukan pukulan telak buat Timnas Filipina karena mereka punya kiper yang tak kalah bagus. Posisi Etheridge selama ini digantikan kiper andal lainnya, Michael Falkesgaard, yang juga jadi andalan di Piala AFF 2018.

Sumber: Fox Sports Asia