Sukses


Thoriq Alkatiri Terpilih Sebagai Wasit Terbaik Liga 1 2018

Jakarta, - Operator kompetisi, PT Liga indonesia Baru memilih Thoriq Alkatiri sebagai wasit terbaik Gojek Liga 1 bersama Bukalapak.

Wasit berusia 30 tahun tersebut terpilih sebagai yang terbaik di Liga 1 2018 karena dinilai mampu memimpin pertandingan dengan baik selama bertugas.

Selain itu, Thoriq Alkatiri memenuhi lima kriteria dari panelis PSSI, yakni leadership, appearance (kerapian dan kepercayaan diri), performance (gestur tubuh dan kondisi fisik), communication (cara berkomunikasi kepada pemain dan ofisial serta cara menghadapi protes pemain dan ofisial), dan handicap atau gengsi sebuah pertandingan.

Penyerahan penghargaan wasit terbaik kepada Thoriq dilakukan Tigorshalom Boboy, COO (Chief Operating Officer) PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi bertempat di kantor PT LIB, Jakarta pada Jumat (21/12/2018).

"Alhamdulillah. Penghargaan ini menjadi motivasi saya untuk selalu menjaga performa. Ini juga menjadi sebuah kebanggaan sekaligus beban untuk saya," ujar Thoriq yang mengawali karier sebagai wasit pada usia 18 tahun ini.

Ayah dua orang anak ini telah memiliki lisensi wasit dari FIFA sejak 2014. Thoriq Alkatiri juga masuk jajaran wasit elite AFC, Federasi Sepak Bola Asia. Wasit kategori ini dipercaya memimpin pertandingan di Liga Champions Asia.

2 dari 2 halaman

Jumlah Pertandingan

Menjadi wasit terbaik di sebuah kompetisi bukan yang pertama kali ia dapatkan. Sebelumnya, Thoriq yang telah memimpin total 154 pertandingan sepanjang kariernya ini juga pernah dinobatkan sebagai wasit terbaik pada 2014, serta dua turnamen pramusim pada 2015 dan 2016.

"Saya bersyukur mendapatkan dukungan penuh dari keluarga dan rekan-rekan, karena menjadi wasit adalah pekerjaan utama saya," ujar Thoriq yang memulai debut sebagai wasit di kasta tertinggi sepak bola Indonesia pada 2012.

Sementara itu, Tigor memberikan apresiasi atas raihan Thoriq. Ia berharap akan hadirnya lebih banyak wasit-wasit berkualitas di Tanah Air demi membangun sepak bola Indonesia yang profesional dan fair play.

"Wasit salah satu elemen penting dalam suatu pertandingan, jadi kami juga harus memberikan respek kepada mereka. Mudah-mudahan ke depan ada peningkatan kualitas, bukan hanya Thoriq, namun juga untuk wasit-wasit yang lain," ujar Tigor.

 Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer