Sukses


Pelatih Klub Liga 1 Vietnam Berminat Melatih di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Atmosfer Liga 1 yang kompetitif membuat banyak pelatih dari berbagai belahan dunia berminat berkarier di Indonesia. Belasan rekam jejak pelatih asing sudah masuk dalam kantong manejemen klub Liga 1.

Satu di antaranya adalah Marian Mihail, pelatih asal Rumania yang pada tahun ini membawa FLC Thanh Hoa meraih runner-up di Liga 1 Vietnam.

"Bagi Liga 1 Indonesia termasuk terbaik di Asia Tenggara. Rata-rata klub di Indonesia bermain cepat dan skill yang baik. Ini sesuai dengan filosofi dan karakter saya," kata Mihail yang menghubungi Bola.com, Rabu (26/12/2018) pagi.

Mihail merasakan atmosfer sepak bola Indonesia saat menghadapi Bali United pada ajang Piala AFC musim ini.

"Suporter Bali United sangat antusias mendukung tim kesayangannya membuat para pemain berusaha tampil dengan kemampuan terbaiknya," ujar Mihail yang pernah menangani Al Jahra (Kuwait) dan Al Riyad SC (Arab Saudi).

Mantan bek timnas Rumania ini mengaku menyaksikan sejumlah partai di Piala Presiden dan Liga 1 musim ini via live streaming.

"Liga 1 musim ini jauh berkembang dibandingkan sebelumnya. Saya tahu para pemilik klub mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan pemain dan pelatih bagus, Diantara Michael Essien. Ini sangat baik buat sepak bola Indonesia" terang Mihail.

Liputan media yang masif dinilai Mihail membuat pamor Liga 1 kian terdongkrak. Menurutnya, dana besar yang digelontorkan pemilik klub ibarat investasi yang nantinya bisa berdampak buat prestasi tim nasional Indonesia.

"Saya tahu musim lalu ada 12 klub Liga 1 yang dilatih pelatih asing. Dengan transfer ilmu yang baik plus perbaikan fasilitas latihan, saya yakin sepakbola Indonesia berkembang dengan cepat," kata Mihail yang berlisensi UEFA-Pro ini.

Terkait dengan fanastime suporter klub Indonesia, Mihail tidak mempermasalahkanya. "Saya sudah 20 tahun berkarier sebagai pelatih. Suporter fanatik adalah bagian penting dari sebuah klub. Dan sebagai pelatih, saya bekerja keras untuk meraih prestasi dan membuat suporter bahagia," pungkas Mihail.

Video Populer

Foto Populer