3 Fakta Menarik Eka Ramdani Setelah Pensiun di Persib Bandung

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 31 Des 2018, 05:00 WIB
Eka Ramdani

Bola.com, Jakarta - Eka Ramdani memutuskan gantung sepatu setelah kontraknya bersama Persib Bandung berakhir pada Desember 2018. Kabar pensiunya sang pemain menuai beragam reaksi dari sejumlah pihak.

Sejumlah Bobotoh tidak jarang mendoakan Eka agar sukses pada masa mendatang. Dia dianggap sebagai legenda klub, mengingat memulai karier bersama Maung Bandung sejak usia 16 tahun.

Pada musim pertamanya di Persib, Eka mencatatkan 20 penampilan. Sosok 34 tahun tersebut kemudian hijrah ke Persijatim semusim berselang.

Manajemen Persib menyadari Eka adalah pemain berprospek cerah. Tahun 2005, Maung Bandung resmi memulangkan sosok kelahiran Purwakarta tersebut.

Eka lantas menjadi andalan Persib. Dia membukukan 25 gol dari 135 penampilan hingga 2011. Setelah itu, dia hijrah ke Persisam Putra Samarinda (Bali United), Pelita Bandung Raya, Semen Padang, Sriwijaya FC, hingga terakhir Persela Lamongan.

Selama berkarier di dunia sepak bola, Eka Ramdani memiliki berbagai momen yang mengejutkan. Bola.com setidaknya merangkum tiga fakta menarik setelah ia pensiun bersama Persib. 

 

2 of 4

Ikon Persib Bandung

Piala Presiden 2018: Persib Bandung Vs Sriwijaya FC
Gelandang Persib, Eka Ramdani, mengontrol bola saat melawan Persib Bandung pada laga Grup A Piala Presiden di Stadion GBLA, Bandung, Selasa (16/1/2018). Persib menang 1-0 atas Sriwijaya FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Eka merupakan sosok panutan di Persib. Pembawaan yang tenang dan tidak banyak menuntut membuat sosok 34 tahun itu menjadi idola bagi para Bobotoh.

Hal itu pun diakui oleh penjaga gawang Persib, Muhammad Natshir. Natshir menganggap Eka adalah sosok yang patut diteladani karena memiliki sikap yang baik.

"Eka benar-benar panutan di dalam dan luar lapangan. Beliau sangat dekat dengan siapapun, baik senior maupun junior. Enak kalau diajak ngobrol sama bercanda. Saking santainya, kadang kami suka lupa kalau sudah bercanda. Padahal dia tuh pemain yang sudah senior," kata Natshir di situs Persib.

3 of 4

Gol Spektakuler ke Gawang Persija

Bola.com Sriwijaya FC Eka Ramdani
Gelandang Sriwijaya FC, Eka Ramdani, melakukan pemanasan jelang laga Torabika Soccer Championship 2016 melawan Persib di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (30/4/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Eka menorehkan berbagai gol selama membela Persib. Namun, satu gol yang balik berkesan untuk bobotoh adalah ketika menghadapi Persija , di Stadion Siliwangi, Bandung, 24 April 2007.

Pada menit ke-14, publik Siliwangi bergemuruh berkat gol Eka. Proses terjadinya gol itu pun terbilang spektakuler karena sang pemain melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang gagal dihentikan Evgheni Khmaruc

Gol Eka membuat semangat para penggawa Persib meningkat. Akibatnya, Maung Bandung menutup laga dengan kemenangan telak 3-0 atas sang rival.

4 of 4

Usaha Bangkrut hingga Cedera Parah

Persela Lamongan, Eka Ramdani
Pemain Persela Lamongan, Eka Ramdani saat melawan PS TNI pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2017 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (27/5/2017). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Karier Eka di pentas sepak bola nasional tidak selamanya mulus. Pada 2011, dia harus menerima kenyataan pahit karena menjadi musuh bagi sejumlah bobotoh.

Langkah itu dilatari kepindahan Eka ke Persisam Putra Samarinda (Bali United). Kepergiannya membuat sebagian Bobotoh kecewa dan berbuntut pengerusakan toko distro milik sang pemain.

Berbagai atribut bergambar Eka dibakar oleh sejumlah oknum Bobotoh. Toko sang pemain juga menjadi sasaran aksi vandalisme. Peristiwa itu memaksa Eka terlilit hutang.

Eka lantas menjual berbagai harta bendanya seperti rumah hingga mobil pribadinya untuk melunasi hutang tersebut.

Musibah yang dialami Eka juga tak kunjung berhenti. Ketika membela Pelita Bandung Raya, sang pemain harus absen hampir sepanjang musim setelah menjalani operasi ligamen.

Lanjutkan Membaca ↓