Rudy Keltjes Dukung Satgas Antimafia Bola Berantas Pelaku Pengaturan Skor

Oleh Zaidan Nazarul pada 28 Des 2018, 21:30 WIB
Pengaturan Skor

Bola.com, Surabaya - Pengamat sepak bola asal Jawa Timur, Rudy Keltjes, mengapresiasi kinerja Satgas Antimafia Bola. Dia berharap satgas yang dibentuk Polri itu terus memburu dan memberantas pelaku pengaturan skor dan penyuapan di sepak bola Indonesia. 

"Kalau sepak bola kita ingin maju, harus mendukung upaya Satgas Antimafia Bola tersebut. Inilah (pengaturan skor dan match fixing) yang merusak sepak bola kita. Kalau perlu kejar sampai ke akar-akarnya," pinta Rudy, dalam perbincangan dengan Bola.com, Jumat (28/12/2018). 

Beberapa orang sudah ditangkap oleh Satgas Antimafia Bola, antara lain anggota Exco PSSI, Johar Lin Eng, dan anggota Komisi Disiplin PSSI, Dwi Irianto alias Mbah Putih.

Namun, Rudy meyakini mereka hanya bagian kecil dari pencipta kekisruhan di sepak bola Indonesia. Dia meyakini masih banyak pelaku lainnya yang belum terciduk.

"Kalau melihat modusnya kan ini jaringan besar. Mustahil hanya dilakukan satu sampai lima orang. Sepak bola Indonesia kan juga banyak, mulai dari yang level lokal, regional, sampai nasional," katanya.

Rudy berharap semua pihak sadar bahwa perbaikan di sepak bola harus dilakukan mulai sekarang. Jika tidak Indonesia akan semakin jauh tertinggal dari negara lain, khususnya di lingkup terkecil, ASEAN.

Dukungan moral disuarakan Rudy kepada Satgas Antimafia Bola. Ia juga memuji keseriusan Polri dalam memberangus praktik-praktik kotor di sepak bola Indonesia yang selama ini tidak bisa disentuh pihak luar.

"Saya sebagai mantan pemain sepak bola Indonesia mendukung penuh upaya bersih-bersih ini. Semoga keberadaan Satgas Antimafia Bola ini bisa menjadikan sepak bola Indonesia lebih baik," katanya.