Gelandang Timnas Indonesia Merapat ke Madura United

Oleh Aditya Wany pada 31 Des 2018, 21:49 WIB
Diperbarui 31 Des 2018, 21:49 WIB
Timnas Indonesia Vs Hongkong
Gelandang Timnas Indonesia, Zulfiandi, menggiring bola saat melawan Hongkong pada laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Jakarta, Selasa (16/10). Kedua negara bermain imbang 1-1. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Bangkalan - Gelandang Timnas Indonesia, Zulfiandi, secara resmi diumumkan sebagai pemain baru Madura United. Pemain asal Aceh itu menandatangani kontrak berdurasi dua musim dengan tambahan satu musim opsional.

Zulfiandi menjadi rekrutan kelima sekaligus pemain ke-16 yang diboyong Madura United jelang musim 2019. Rencananya, dia akan mengenakan nomor punggung 35 selama bergabung dengan Laskar Sape Kerap nanti.

"Tidak mudah mendapatkan tanda tangan Zulfiandi, karena banyak yang berminat terhadap pemain ini. Tidak hanya dari klub Liga 1, tetapi cukup banyak dari Thailand dan Malaysia," kata Haruna Soemitro, manajer Madura United.

“Tetapi pendekatan lebih awal adalah kunci mendapatkan pemain ini, ibarat cinta karena pandangan pertama," imbuh Haruna.

Zulfiandi adalah pemain yang sarat pengalaman dalam kompetisi kasta tertinggi Indonesia. Dia pernah membela Bhayangkara FC dan Sriwijaya FC. Saat membela Bhayangkara, pemain berusia 23 tahun itu juga masuk skuat yang menjuarai Liga 1 2017.

"Luis Mila, eks pelatih Timnas Indonesia, bahkan pernah memuji pemain ini tidak layak merumput di Indonesia. Kualitasnya sudah layak bermain di kompetisi yang levelnya lebih tinggi seperti Eropa," ucap Haruna.

Zulfiandi termasuk pemain yang tercatat pernah membela Timnas Indonesia di berbagai level. Dia mengawalinya sebagai pemain Timnas Indonesia U-19 arahan Indra Sjafri yang menjuarai Piala AFF U-19 2013.

Setelah itu, dia juga masuk Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2015 di bawah asuhan Aji Santoso. Tahun ini, dia kemudian menjadi pemain Timnas Indonesia U-23 arahan Luis Milla di Asian Games 2018. Terakhir, dia juga menembus skuat senior di Piala AFF 2018.