Penyerang Arema Tak Ingin Lupa Diri Setelah Gabung TC Timnas Indonesia U-22

Oleh Iwan Setiawan pada 05 Jan 2019, 12:30 WIB
Diperbarui 05 Jan 2019, 12:30 WIB
Dalmiansyah Matutu
Pemain Arema FC, Dalmiansyah Matutu. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Bola.com, Malang - Nasib Dalmiansyah Matutu terbilang bagus. Setelah kontraknya diperpanjang Arema, dia terpanggil untuk menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 proyeksi Piala AFF U-22 2019.

Dia dipanggil bersama tiga pemain Arema lainnya, yakni Hanif Sjahbanfi, Bagas Adi dan M. Rafli. TC digelar di Jakarta mulai Senin (7/1/2019).

Khusus Dalmiansyah, panggilan ini ibarat keberuntungan baginya karena musim 2018, dia tidak dapat kesempatan bermain. Satu-satunya laga resmi yang dirasakannya di tahun 2018 adalah babak awal Piala Indonesia.

Itulah mengapa, pemain 22 tahun itu tidak ingin jemawa saat menerima panggilan TC Timnas Indonesia U-22.

"Tentu senang dapat panggilan ke Timnas U-22. Tapi, saya ini masih bukan siapa-siapa. Butuh banyak belajar lagi. Apalagi ini baru panggilan tahap pertama," kata Dalmiansyah.

Jebolan ASIFA Malang ini ini sebenarnya tidak asing dengan panggilan ke timnas. Pada 2014, dia sempat masuk Timnas Indonesia U-19 yang ketika itu juga ditangani Indra Sjafri. Namun, dia dicoret karena cedera.

Bisa jadi sekarang sang pelatih memberikan kesempatan kedua untuknya. Namun, Dalmiansyah punya saingat berat untuk menembus skuat utama di Piala AFF U-22 yang dihelat di Kamboja mulai 18 Februari 2019.

Dalam daftar 38 pemain yang ikut pemusatan latihan ada beberapa striker langganan Timnas Indonesia U-23, seperti Ezra Walian dan Marinus Manewar.

 

2 dari 2 halaman

Mencari Pengalaman

Kendati demikian, Dalmiansyah tetap berusaha untuk menambah pengalaman lantaran bersama timnas, tentu banyak pengalaman yang akan didapatkannya. "Bagi saya ini kesempatan juga untuk menambah ilmu dan pengalaman," lanjutnya.

Dalmiansyah saat ini sudah berada di Jakarta. Tetapi, dia akan pulang lebih dulu ke Lampung untuk meminta restu dari orang tuanya sekaligus mengambil barang-barang untuk perlengkapan di timnas.

"Nanti ke Lampung dulu dan balik lagi ke Jakarta untuk pemusatan latihan. Jadi tidak ke Malang dulu karena Arema sebenarnya juga memulai latihan 10 Januari," jelasnya.

Di sisi lain, saat ini manajemen Arema belum menerima surat resmi dari PSSI terkait panggilan empat pemainnya ke Timnas Indonesia U-22. Tim Singo Edan akan menggelar latihan perdana dengan skuat dan pelatih baru di Malang.

Tetapi, besar kemungkinan Arema akan melepas pemainnya ke TC Tiimnas Indonesia U-22. Hanya, tim pelatih akan membuat penyesuaian program dengan berkurangnya empat pemain tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓