Ketua Umum PSSI Tak Masalah Kelompok Suporter Berpartisipasi dalam Pilpres 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 05 Jan 2019, 15:40 WIB
Piala Presiden 2018: Persib Bandung Vs Sriwijaya FC

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, mempersilakan kelompok suporter sepak bola Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam Pemilihan Umum Presiden 2019. Menurut dia, memberikan dukungan kepada satu di antara pasangan calon adalah hak warga negara.

Seperti diketahui, beberapa pihak yang berasal dari kelompok suporter Persib Bandung, Bobotoh, secara terang-terangan memberikan dukungan pada satu di antara pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

Edy Rahmayadi menilai, sebagai seorang warga negara, apa yang dilakukan kelompok suporter tersebut adalah sesuatu yang wajar. Meski begitu, Edy yang juga Gubernur Sumatra Utara itu menegaskan induk organisasi yang dipimpinnya bersih dari kepentingan politik praktis.

"Ya, silakan saja. Tetapi, saya yakin PSSI bukan urusan politik ya," tegas Edy Rahmayadi ketika ditemui wartawan di Jakarta, Kamis (3/1/2019).

"Yakinkan PSSI masih banyak yang diharapkan untuk membantu Timnas Indonesia menjadi juara. Silakan (urusan) Pilpres ya Pilpres, karena PSSI adalah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia," ujar Edy Rahmayadi.

Kelompok suporter sepak bola Indonesia dianggap menjadi sasaran empuk pendulang suara dalam Pemilu Presiden 2019. Seperti diketahui, klub-klub di Indonesia memiliki jumlah anggota suporter yang banyak dan biasanya kompak dari hingga ke akar-akarnya.