Sosok Ivan Kolev di Mata Ketua The Jakmania

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 06 Jan 2019, 16:00 WIB
PS TNI, Persiba Balikapapan, Liga 1 2017, Bola.com, Ivan Kolev

Bola.com, Jakarta - Ivan Kolev menjadi satu dari dua calon pelatih Persija Jakarta yang sudah diungkapkan oleh sang direktur utama, Gede Widiade. Sosok Ivan Kolev pun masih melekat di ingatan Ketua PP The Jakmania, Ferry Indrasjarief, yang memuji kejutan yang dilakukan sang pelatih ketika menangan Persija pada Liga Indonesia VI pada 1999-2000.

Mencuatnya nama Ivan Kolev dan Alfred Riedl memang diungkapkan sendiri oleh Direktur Utama Persija, Gede Widiade, sebagai pengganti Stefano Cugurra Teco. Kedua pelatih asal Eropa Timur itu memang sangat akrab dengan sepak bola Indonesia.

Khusus untuk Ivan Kolev, pelatih asal Bulgaria itu pertama kali datang ke Indonesia pun untuk menangani Persija Jakarta di Liga Indonesia VI pada 1999. Setelah itu, Ivan Kolev juga sempat dipercaya menangani Timnas Indonesia dan sejumlah klub lainnya, seperti Mitra Kukar, Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, dan yang terkini adalah PS TNI saat Liga 1 2017.

Namun, harus diakui nama besar pelatih yang pernah membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2002 itu tercemar ketika menangani PS TNI. Dengan materi pemain yang bukan pilihannya, Ivan Kolev gagal mengangkat prestasi PS TNI dan hanya finis di posisi ke-15 yang membuatnya terdepak dari kursi kepelatihan.

Bagi Ketua PP The Jakmania, Ferry Indrasjarief, Ivan Kolev tetap merupakan seorang pelatih yang memiliki keistimewaan. Pria yang akrab disapa Bung Ferry ini bahkan masih mengingat sebuah perubahan formasi dan strategi yang diterapkan Kolev bersama Persija pada 1999 dan membuat Bambang Pamungkas tampil begitu cemerlang.

"Jangan lupakan sosok Kolev saat menangani Persija pada Liga Indonesia VI. Ia membuat Persija cukup disegani saat itu. Dengan kondisi yang kurang menyenangkan, ia membuat kejutan dengan menggunakan formasi 3-6-1," kisah Ferry Indrasjarief.

"Saat itu Bambang Pamungkas masih berusia 19 tahun berdiri di depan dan dimanjakan dengan enam orang pemain gelandang. Itu sebuah kejutan yang pernah dibawa Kolev di Persija," lanjutnya.

 

Ivan Kolev disebut-sebut menjadi sosok pelatih yang lebih favorit untuk menangani Persija Jakarta ketimbang Alfred Riedl. Hingga saat ini Persija masih terus berupaya untuk mendatangkan Kolev ke Indonesia untuk menangani Macan Kemayoran.