Firza Andika Terbantu Pengalaman Trial di Belgia dan Spanyol

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 10 Jan 2019, 12:15 WIB
Diperbarui 10 Jan 2019, 12:15 WIB
Latihan Timnas Indonesia U-19
Pemain Timnas Indonesia U-19, Firza Andika, mengontrol bola saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (18/9/2018). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFC U-19. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Jakarta - Pemain seleksi Timnas Indonesia U-22, Firza Andika merasa ada perubahan mental setelah menjalani trial di Belgia dan Spanyol.

Firza bergabung dengan Timnas Indonesia U-22 pada hari keempat pemusatan latihan di Jakarta. Pemain yang sebelumnya memperkuat Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri itu pun langsung beradaptasi cepat dengan rekan-rekan setimnya.

"Selama berada di Belgia saya mendapatkan teknik bermain yang berbeda dengan yang selama ini saya lakukan, apalagi di Spanyol yang menerapkan permainan cepat," ujar Firza Andika usai sesi latihan Timnas Indonesia U-22 di Lapangan ABC Senayan, Kamis (10/1/2019) pagi.

Pemain yang musim lalu berseragam PSMS Medan itu melakukan trial di AFC Tubize di Belgia selama tiga pekan dan UD Alzira di Spanyol selama satu pekan. Firza pun kembali dengan merasa mentalitasnya menjadi jauh lebih baik.

"Saya merasa yang paling berpengaruh adalah mentalitas saya. Ketika di sana saya merasa sulit karena jauh dari keluarga, dan yang kedua permainannya sangat berbeda levelnya. Namun, sekarang itu membantu saya menjadi lebih baik," lanjutnya.

Firza Andika bertekad tampil maksimal dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22. Tim asuhan Indra Sjafri itu akan berlaga di Piala AFF U-22 2019 pada Februari mendatang dan Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang digelar pada Maret 2019.

 

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 1), Cerita Hidung Berdarah karena Romelu Lukaku