Dari Odong-Odong, Galih Sudaryono Merambah Bisnis Online Pakaian

Oleh Vincentius Atmaja pada 12 Jan 2019, 10:15 WIB
Galih Sudaryono

Bola.com, Solo - Berbagai aktivitas dilakukan pemain pada libur kompetisi saat ini. Ada beberapa klub yang sudah memulai latihan jelang musim 2019, namun ada pula yang masih tanpa aktivitas karena sedang menggelar seleksi atau trial. Galih Sudaryono jadi salah seorang pemain yang mengisi waktunya dengan menekuni bisnis baru.

Mantan kiper Borneo FC dan Persija Jakarta itu bersama sang istri menekuni usaha jual baju secara online. Galih Sudaryono mengaku, hasil pendapatan yang diperoleh dari bisnis ini cukup menjanjikan.

"Saya mulai jualan baju sejak jeda kompetisi. Sekitar dua bulan terakhir ini," jelas Galih saat ditemui di kediamannya di Palur, Ngringo, Jaten, Karanganyar, Jumat (11/1/2019).

Dalam sehari, dia selalu mengirim pesanan dalam jumlah cukup banyak antara 25 hingga 60 buah baju. Harganya beragam antara Rp35 ribu hingga Rp135 ribu.

Galih menambahkan setiap hari selalu mendapat pesanan. Bahkan permintaan datang dari luar Pulaua Jawa, seperti Kalimantan dan Sumatra.

Mantan penjaga gawang Timnas Indonesia U-23 ini memang tak bisa lepas dari berwirausaha, meski menyandang status seorang pesepak bola.

Pada 2015, saat PSSI dibekukan FIFA, Galih juga sempat membuka usaha odong-odong. Kemudian Galih juga sempat mengembangkan ternak burung Lovebird di rumahnya.

Meski sibuk dengan usaha barunya, Galih tetap bergelut dengan aktivitas sepak bola. Ia masih rutin berlatih sendiri dan menghindari turnamen antarkampung. "Kalau tarkam terlalu berisiko cedera. Saya cukup latihan saja buat jaga kebugaran," kata Galih Sudaryono.