Berjuang Hampir 10 Tahun, Bek Ini Bisa Kembali ke Arema

Oleh Iwan Setiawan pada 12 Jan 2019, 15:15 WIB
Ikhfanul Alam

Bola.com, Malang - Ikhfanul Alam jadi satu di antara rekrutan baru Arema FC musim ini. Pemain 26 tahun itu memang bukan pemain yang memiliki nama besar. Dia berhasil menembus skuat Arema FC 2019 dengan perjuangan berliku. 

Alam, sapaan akrabnya, merupakan alumni Akademi Arema. Tetapi, ia membutuhkan waktu hampir 10 tahun untuk mewujudkan cita-cita masuk tim senior Arema.

"Dulu saya keluar dari Akademi Arema waktu usia 17 tahun. Saya ingat saat itu tahun 2009. Keluar untuk main ke Persikoba (Kota Batu). Sejak itu saya terus berjuang agar suatu saat kembali ke Arema," katanya.

Beberapa klub kasta kedua seperti Persekam Metro FC, Perserang Serang juga pernah diperkuatnya. Alam sempat istirahat dan masuk Kepolisian tahun 2012. Setelah jadi polisi, dia bermain di PS Polri dan Bhayangkara FC. Musim lalu, Alam, berkontribusi membawa Kalteng Putra promosi ke Liga 1 2019. 

"Memang jalannya harus begitu untuk bisa ke Arema senior. Tapi, saya senang, usaha itu ada hasilnya. Sekarang harus membuktikan kalau saya memang pantas di Arema," jelasnya.

Alam punya motivasi lebih saat ini. Dukungan penuh dari keluarga besarnya juga berdatangan karena dia pemain asli Malang. "Keluarga juga senang saya bermain di Arema. Apalagi saya. Alhamdulillah, juga bisa membangunkan Ibu rumah di Kepanjen (Kabupaten Malang) hasil dari sepak bola dan Polisi. Lengkap rasanya," lanjutnya. 

Tetapi, saat ini dia harus lebih dulu bolak-balik Jakarta-Malang untuk meminta izin dari Kepolisian untuk gabung dengan Arema. Itu sebabnya, pada Sabtu (12/1/2019), Alam sempat absen latihan di Arema.

Alam direkrut Arema untuk menambah stok pemain bertahan karena ada tiga stoper yang resmi hengkang musim ini, yakni Purwaka Yudi, Israel Wamiau, dan Bagas Adi Nugroho. Selain bisa di posisi stoper, Alam juga bisa dimainkan sebagai bek sayap.