Sukses


Pelatih Kiper Persebaya Berbagi Pengalaman Kursus Lisensi AFC Level 1

Bola.com, Jakarta - Pelatih kiper Persebaya, Mifathul Hadi, tidak muncul dalam latihan tim selama tiga hari terakhir, 10-12 Januari 2019. Dia baru selesai menjalani kursus lisensi kepelatihan kiper AFC Level 1 di Sawangan, Depok, 6-11 Januari 2019.

Meski kursus itu sudah selesain Jumat (11/1/2019), Hadi tidak langsung kembali ke Surabaya. Dia baru tiba di rumahnya pada Sabtu (12/1/2019) dan belum mengikuti sesi latihan bersama klub berjulukan Bajul Ijo itu.

"Saya baru tiba di rumah sore ini. Masih lelah kalau langsung gabung latihan Persebaya. Mungkin kalau besok (Minggu) ada latihan saya akan datang dan mulai memantau tim," kata Hadi saat dihubungi Bola.com.

Hadi kemudian menceritakan pengalaman barunya selama enam hari menimba ilmu kepelatihan kiper. Sebelum mengikuti kursus ini, setiap peserta harus terlebih dahulu menggenggam lisensi AFC C.

Di sana, pria yang sesama bermain membela Petrokimia Putra itu berkumpul dengan 21 pelatih kiper lain untuk mendapatkan lisensi tersebut. Pria berusia 52 tahun itu merasa kursus lisensi kepelatihan kiper ini juga menjadi ajang reuni dengan teman-temannya.

"Banyak pelatih kiper Liga 1 dan juga mantan kiper Timnas Indonesia seperti Marskus Horison dan Ferry Rotinsulu. Kami saling berbagi pengalaman karena dulunya saat main juga sudah kenal," ungkap Hadi.

Dalam kursus ini, para peserta dipandu oleh dua instruktur asal Uni Emirat Arab. Pelajaran baru dari sosok asal negara lain tentu berharga bagi peserta agar bisa diterapkan di klub masing-masing.

"Di era modern, kiper sudah mengalami perkembangan pesat. Kami diminta untuk membuat kiper harus aktif memulai membangun serangan dari bawah. Di kursus itu, latihan yang didapat sudah sampai ke tahap kiper siap menjalani pertandingan," imbuh Hadi.

Pelajaran baru lain yang didapat adalah melatih para kiper untuk siap bertandingan sejak pemanasan. Sisanya, diperlukan kreativitas masing-masing pelatih kiper untuk meningkatkan kemampuan anak asuhnya masing-masing.

"Sejak pemanasan sampai situasi pertandingan dikupas habis dalam kursus. Kalau pelatih kipernya bagus, maka akan menghasilkan kiper yang berkualitas juga ke depannya," tutup Hadi

Kursus lisensi kepelatihan kiper AFC Level 1 ini untuk kali pertama diadakan di Indonesia. Sebelumnya, pelatih kiper hanya mengikuti kursus serupa yang merupakan produk PSSI.

Video Populer

Foto Populer