Janji Mantan Pemain Real Madrid B buat PSM

Oleh Abdi Satria pada 14 Jan 2019, 18:50 WIB
Eero Markkanen

Bola.com, Makassar - PSM Makassar resmi memperkenalkan dua pemain asing anyarnya, Eero Markkanen (Finlandia) dan Aaron Evans (Australia), pada sesi konferensi pers di Hotel Aryaduta, Makassar, Senin (14/1/2019).

Dari dua nama itu, sosok Markkanen yang paling banyak mendapat sorotan. Selain pernah tercatat sebagai pemain Real Madrid Castilla yang diasuh Zinedine Zidane, Markkanen juga pemain Timnas Finlandia.

Kehadiran Markkanen diharapkan jadi pemutus catatan minor striker PSM pada dua musim Liga 1 sebelumnya. PSM selalu mengganti strikernya pada setiap putaran karena dinilai gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Di Liga 1 2017, PSM memakai jasa Reinaldo da Costa (Australia) dan Pavel Purishkin (Uzbekistan). Reinaldo mencetak sembilan gol pada putaran pertama. Sementara Pavel hanya empat gol.

Musim berikutnya lebih parah. Bruce Djite (Australia) lebih banyak absen karena cedera dan gagal mencetak gol. Kemudian penggantinya, Alessandro Ferreira (Hong Kong), hanya mencetak empat gol.

CEO PSM, Munafri Arifuddin, berharap Markkanen bisa memenuhi harapan manajemen dan suporter Juku Eja.

"Markkanen pemain rekomendasi dari Robert Alberts (mantan pelatih PSM). Berdasarkan rekam jejak dan videonya, dia adalah tipikal striker yang tajam di kotak penalti," ujar Munafri.

Markkanen mengaku sangat antusias bisa membela PSM musim ini. "Saya tahu PSM ingin juara di Liga 1 dan Piala AFC. Bagi saya ini adalah tantangan. Saya akan berusaha tampil maksimal di setiap partai bersama PSM," kata Markkanen.

Markkanen pun mengungkap proses dirinya bisa bergabung dengan PSM. "Agen saya memberitahu ada tawaran menarik PSM. Kemudian coach Robert dan Munafri menghubungi saya. Tanpa pikir panjang saya langsung menyetujuinya," tuturnya.

Markkanen tiba di Makassar, Minggu (13/1/2019). Pada Senin (14/1/2019), striker dengan tinggi badan 197 ini menjalani tes medis dan kemudian resmi diperkenalkan [PSM](3869926 "") ke publik.