Persebaya Tanpa Striker di Piala Indonesia 2018

Oleh Aditya Wany pada 15 Jan 2019, 06:30 WIB
Persebaya Surabaya

Bola.com, Surabaya - Persebaya tak kunjung memiliki striker hingga hari kelima latihan. Mereka masih belum menemukan pengganti David da Silva, Rishadi Fauzi, dan Ricky Kayame yang memutuskan hengkang.

Padahal, Persebaya akan bertanding melawan Persinga Ngawi di babak 32 besar Piala Indonesia 2018. Sesuai draf jadwal, leg pertama akan berlangsung pada 22 Januari 2019.

"Kelihatannya melawan Persinga masih belum ada striker baru. Jadi, kami akan bermain dengan materi pemain yang ada," kata pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman.

Sebenarnya, Persebaya memiliki beberapa pemain dari tim U-19 yang saat ini mengikuti seleksi. Namun, Djadjang belum berniat mendaftarkan mereka saat bertanding di Piala Indonesia.

"Kemungkinan masih berisi pemain yang sudah bersama Persebaya musim lalu. Sampai tanggal 22 Januari, tidak akan ada tambahan. Masih tanda tanya untuk pemain lain," ucapnya.

Sementara ini hanya ada 11 pemain skuat lama yang sudah mengikuti latihan rutin. Empat pemain, yaitu Rachmat Irianto, Otavio Dutra, Ruben Sanadi, dan Nelson Alom masih latihan.

Dengan rencana tanpa striker, Djanur berniat memasang pemain sayap atau gelandang serang sebagai target man. Tugas itu bisa diberikan kepada Fandi Eko Utomo, Rendi Irwan, Irfan Jaya, atau Oktafianus Fernandi.

"Sebenarnya masih bisa geser-geser di antara empat pemain itu. Seperti yang sudah saya terapkan, saya akan memainkan skema false nine. Kemungkinan antara Oktafianus atau Irfan bisa dipasang," imbuhnya.

Skema false nine sudah pernah diterapkan Djadjang bersama Persebaya pada Liga 1 2018. Saat itu peran itu dimainkan Osvaldo Haay, yang kemudian menjelma sebagai pemain tajam.