Stefano Cugurra Teco Tak Akan Istimewakan Pemain Bintang di Bali United

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 15 Jan 2019, 15:25 WIB
Persija Jakarta Vs Persela Lamongan

Bola.com, Gianyar - Pelatih anyar Bali United, Stefano Cugurra Teco, dikenal tak senang mengistimewakan pemain bintang saat menangangi Persija Jakarta. Kebijakan yang sama akan diterapkan Teco di Bali United. 

Dia mengatakan pemain bintang maupun muda akan mendapatkan perlakuan yang sama.

Mendapatkan pertanyaan soal kemungkinan membangkucadangkan pemain bintang Bali United, seperti Irfan Bachdim, Teco memberikan jawaban lugas. Dia menegaskan sistem akan berlaku adil terhadap semua pemainnya.

"Sistem saya sangat mudah. Ketika latihan, saya bicara banyak dengan semua pemain, baik pemain bintang, pemain muda, maupun pemain senior. Yang penting bagi saya di dalam tim harus ada respek. Siapa yang akan bermain dan siapa yang menjadi cadangan itu ditentukan dalam latihan," ujar Stefano Cugurra Teco, Senin (14/1/2019). 

"Ketika pemain berlatih bagus, dia pasti saya mainkan. Ketika dia kurang bagus saat berlatih, dia harus tunggu kesempatan. Ini sistem yang mudah. Pemain mengerti sisitem ini, seorang pelatih akan lebih mudah memilih pemain inti," tegasnya.

Teco selalu memilih menurunkan pemain yang dianggapnya paling siap. Bahkan, ketika 11 pemain yang sama dianggap siap dimainkan dalam beberapa pertandingan secara berturut-turut, pelatih asal Brasil ini tak ragu untuk memainkan komposisi yang sama di semua pertandingan tersebut.

Kebijakan Teco sempat dikritik Direktur Utama Persija, Gede Widiade, yang menyebut sang pelatih kurang memahami cara menghibur The Jakmania ketika Persija sudah meraih kemenangan. Hiburan yang dimaksud Gede Widiade adalah untuk memainkan pemain bintang seperti Bambang Pamungkas ketika Persija memang sudah dalam kondisi unggul.

Namun, tampaknya Teco akan tetap menjadi pelatih yang dianggap kurang bisa memahami cara menghibur suporter di Bali United. Dia memilih mempertahankan filosofi yang diyakininya.