Cara Arthur Cunha Membantu Gladiator Adaptasi Cepat dengan Arema

Oleh Iwan Setiawan pada 15 Jan 2019, 21:35 WIB
Diperbarui 14 Mei 2019, 13:17 WIB
Latihan Arema FC

Bola.com, Malang - Bek Arema, Arthur Cunha da Rocha, sudah kembali berlatih. Sejak Senin (14/1/2019), dia mengikuti latihan di bawah arahan pelatih Milomir Seslija di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Sebelum latihan, dia langsung membaur dengan dua pemain asing baru Arema. Pavel Smolyachenko dan Robert Lima 'Gladiator' Guimaraes. Khusus dengan Lima, dia terlihat sangat akrab. Maklum, keduanya sama-sama dari Brasil.

"Sebelum dia (Lima) datang, kami sudah komunikasi lewat whatsapp karena saya sudah pernah main dengan temannya," jelasnya.

Meski baru bertemu sehari, Arthur sudah memberikan banyak informasi tentang Arema dan sepak bola Indonesia. Dia memang berusaha membantu rekannya itu agar lebih cepat beradaptasi.

"Sebenarnya dengan siapa saja, saya siap membantu. Bukan karena sesama negara. Kalau pemain asing lain minta bantuan untuk adaptasi, akan saya bantu," ujarnya.

Maklum, Arthur sudah melewati masa adaptasi dengan sepak bola Indonesia dan Arema. Sejak 2015 dia sudah berkiprah di Indonesia bersama Mitra Kukar.

Khusus pemain Brasil, dia melihat ada dua hal yang harus segera diatasi untuk bisa eksis di Indonesia, yakni bahasa dan makanan.

Arthur tergolong cepat bisa menguasai bahasa Indonesia karena dia punya kemauan kuat dan terus berkomunikasi dengan pemain lokal saat di Mitra Kukar. Sementara kendala makanan, dia juga sesekali masak makanan Brasil.

"Kalau Lima mau belajar bahasa Indonesia saya akan bantu. Sementara untuk makanan, di rumah saya biasanya masak makanan Brasil. Saya akan undang dia jika ingin makan bersama,” lanjutnya.

Di luar itu, Arthur mengaku senang dapat rekan lagi dari Brasil karena sejak gabung Arema musim 2017, dia selalu dapat rekan pemain asal Brasil seperti Fellipe Bertoldo, Rodrigo Ost, dan Thiago Furtuoso. Tetapi, mereka tidak bertahan lama di Arema. Hanya Arthur yang kini dikontrak sampai 2020.