Hansamu Yama, Pemain Bintang dalam Video di Instagram Persebaya

Oleh Aditya Wany pada 16 Jan 2019, 06:00 WIB
Latihan Timnas Indonesia

Bola.com, Surabaya - Akun Instagram Persebaya menjadi bahan perbincangan Bonek. Penyebabnya, klub berjulukan Bajul Ijo itu mengunggah video yang menunjukkan kedatangan pemain baru, Selasa malam (15/1/2019).

Video itu sengaja ingin membuat penasaran siapa saja yang menontonnya karena wajah sang pemain tidak diperlihatkan. Ada caption yang menyertai unggahan itu, yakni "bintang yang ditunggu akhirnya datang! Wes siap rek?"

Banyak yang menduga pemain yang dimaksud adalah Hansamu Yama Pranata, pemain yang selama ini sudah "dianggap" jadi pemain Persebaya. Tepatnya, setelah klub asal Hansamu, Barito Putera, membuat pernyataan resmi dengan ikhlas melepas sang pemain ke Persebaya, lima hari lalu.

Namun, selama itu pula, manajemen Persebaya memilih bungkam. Tak ada pernyataan atau konfirmasi resmi dari pihak Persebaya perihal kepindahan Hansamu. Hingga, kemungkinan pada Rabu (16/1/2019), hari ini.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, memastikan pemain yang dimaksud dalam unggahan video itu adalah Hansamu.

"Iya. Saya juga sudah lihat videonya. Memang kami jujur sudah tahu dari awal. Dia juga rekomendasi saya dan sebelumnya belum berani ngomong. Kalau sudah begini, saya akhirnya berani ngomong. Kalau sekarang sudah dibuat video, mungkin saya sudah boleh ngomong," kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Hanya, Djanur belum bisa memastikan kapan Hansamu akan gabung dalam latihan bersama Rendi Irwan dkk. Dalam waktu dekat, pelatih berusia 54 tahun itu justru segera berangkat ke Spanyol untuk mengikuti lanjutan kursus lisensi kepelatihan AFC Pro.

"Saya belum tahu kepastian kapan dia akan gabung latihan karena saya belum kontak langsung dengan yang bersangkutan,” imbuh mantan pelatih Persib Bandung itu.

Dengan bergabungnya Hansamu, kepingan pemain belakang yang disusun Djanur sudah lengkap. Djanur sebelumnya sudah menyatakan dia membutuhkan delapan pemain belakang.

“Itu makanya seperti yang saya bilang sebelumnya, sekarang lini belakang sudah cukup. Dua bek kanan dan dua bek kiri. Sedangkan empat stoper akan diisi (Otavio) Dutra, Rachmat Irianto, Andri (Muliadi), dan sekarang termasuk Hansamu,” ucap Djanur.

Di sisi lain, belum bisa dipastikan kapan manajemen Persebaya akan memperkenalkan secara resmi Hansamu sebagai pemain baru.