Hendro Kartiko Sebut Kriteria Kiper untuk Timnas Indonesia U-22

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 16 Jan 2019, 14:15 WIB
Pelatih kiper Timnas Indonesia U-22, Hendro Kartiko. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Jakarta - Pelatih penjaga gawang Timnas Indonesia U-22, Hendro Kartiko, menyebut satu di antara kriteria yang harus dimiliki kiper Garuda Muda. Menurut Hendro, Timnas Indonesia membutuhkan penjaga gawang yang bisa menguasai bola.

Saat ini ada empat kiper yang mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-22. Mereka adalah Satria Tama, Nadeo Argawinata, Awan Setho, dan Muhammad Riyandi.

Selain Nadeo, ketiga kiper yang dipanggil seleksi memiliki pengalaman membela Timnas Indonesia, yakni di kelompok umur maupun senior. Awan sudah mencatatkan tiga penampilan bersama skuat Garuda.

Sementara itu, Satria menorehkan dua penampilan bersama Timnas Indonesia. Adapun Riyadi sembilan kali bertanding bersama Timnas Indonesia U-19.

Namun, pengalaman bukan menjadi tolok ukur utama Hendro menentukan kiper utama untuk Timnas Indonesia U-22. Dia mengatakan kualitas teknik olah bola masih menjadi prioritas.

"Pastinya harus sesuai dengan filosofi yang Indra inginkan. Kiper yang ada harus bisa menguasai bola. Di sini, kami belajar serangan dari bawah. Jadi, harus bisa distribusi bola dengan baik dan mengorganisasikan pertahanan," kata Hendro.

Satu penjaga gawang akan tersisih dari daftar 23 pemain Timnas Indonesia U-22 untuk Piala AFF U-22 2019.