Arema Beberkan Kebutuhan Dana untuk Musim 2019

Oleh Iwan Setiawan pada 17 Jan 2019, 09:45 WIB
Sudarmaji dan Ruddy Widodo

Bola.com, Malang - Arema FC membutuhkan dana sekitar Rp 35 miliar untuk mengarungi musim 2019. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, Arema menggenjot pendapatan dari lini bisnis klub. 

Singo Edan sudah memiliki 26 pemain untuk mengarungi kompetisi 2019. Tak ada kejutan berarti yang dilakukan Arema di bursa transfer pemain. Lima pemain yang didatangkan juga tidak ada yang fenomenal, yaitu Sandi Firmansyah, Rachmat Latief, Ikhfanul Alam, Pavel Smolyachenko, dan Robert Lima Guimaraes.

Meski begitu, Arema tidak sedang berhebat. Kebutuhan dana untuk musim ini justru mengalami peningkatan signifikan. “Musim lalu sekitar 25 miliar rupiah dana yang dikeluarkan untuk mengarungi kompetisi. Musim ini, maksimal anggaran 35 miliar rupiah,” kata General Manager Arema, Ruddy Widodo, Rabu (16/1/2019). 

Lonjakan kebutuhan senilai 10 miliar itu imbas dari kenaikan kontrak pemain dan estimasi kenaikan biaya operasional. “Untuk biaya gaji memang ada kenaikan. Setiap bulan ada satu miliar sekian yang dikeluarkan,” jelasnya. 

Arema menggenjot sektor bisnis demi memenuhi lonjakan kebutuhan dana itu, seperti mencari sponsor baru dan lain sebagainya. “Saat ini masih belum mencapai angka itu (60 persen). Tapi ada progres untuk mendapatkan sponsor baru di jersey. Semoga saja nantinya berhasil,” kata Ruddy. 

Arema sedang mendekati satu sponsor besar, namun belum menemui kata sepakat. Jika sponsor baru tersebut deal, target pemasukan Arema dari segi sponsor mulai mendekati target.

Musim lalu, Arema FC untuk kali pertama berhasil mengakhiri kompetisi dengan finansial yang sehat. Tidak ada tunggakan gaji dan operasional. Manajemen Singo Edan bertekad mengulangi rekor manis tersebut pada musim ini.