Persebaya Punya PR Besar di Lini Depan

Oleh Aditya Wany pada 17 Jan 2019, 16:15 WIB
Diperbarui 17 Jan 2019, 16:15 WIB
Persebaya Surabaya, Djadjang Nurdjaman, Rudy Eka Priyambada
Pelatih Persebaya Surabaya, Djadjang Nurdjaman (kanan) dan pelatih fisik Rudy Eka Priyambada. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Persebaya masih belum juga mendapatkan striker baru selepas kepergian David da Silva, Rishadi Fauzi, dan Ricky Kayame. Baik lokal maupun asing, belum ada satu pun yang berhasil mereka datangkan. 

Masalah ini disadari oleh Manajer Persebaya, Candra Wahyudi. Tanpa memiliki satu pun pemain bertipe target man, Persebaya akan kesulitan dalam melakoni pertandingan. Apalagi, dalam waktu dekat klub berjulukan Bajul Ijo itu bakal bersua Persinga Ngawi di Piala Indonesia 2018.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, bahkan sudah berencana akan bermain dengan skema false nine atau tanpa striker di laga tersebut. Candra menyebutkan bahwa pihaknya juga sedang mengupayakan segera mendatangkan striker baru. 

“Memang PR Persebaya saat ini adalah melengkapi posisi depan. Kami memang belum memiliki striker murni, tapi kami melakukan upaya. Misalnya dengan adanya dua pemain asing yang sudah kami ajukan surat penawaran. Mereka belum datang dalam waktu dekat karena kami masih menunggu regulasi Liga 1,” ucap Candra. 

Beberapa kali, Djanur, sapaan akrab Djadjang Nurdjaman, dan Candra menyatakan pihaknya fokus membidik striker asing. Petunjuk ciri-ciri sang pemain pun sudah disebutkan, salah satunya adalah eks striker Persib Bandung, Christian Bekamenga. 

Akan tetapi, belum adanya kepastian regulasi Liga 1 2019 masih menjadi dalih. Rencanaya, pemaparan regulasi itu akan dilakukan pada Kongres PSSI di Bali pada 20 Januari 2019. Setelah itu, Persebaya sangat mungkin langung menekan kontrak striker asing tersebut. 

“Kalau bicara kuota (pemain asing), memang masih banyak pemain yang harus dikejear, terutama tengah dan depan. Makanya kami berbicara dengan tim pelatih, bagaimana pemain untuk melengkapi skuat Persebaya,” imbuh Candra. 

Sampai sekarang, Persebaya masih memiliki satu pemain asing, Otavio Dutra. Tiga slot pemain asing lainnya, minimal satu berpaspor negara anggota AFC, kabarnya bakal dihuni oleh sosok yang belum pernah bermain di Indonesia.

Di sisi lain, belum muncul nama striker lokal yang tengah dalam bidikan Persebaya. Samsul Arif yang sempat bernegosiasi justru memutuskan bertahan di Barito Putera. Lalu, Guy Junior yang dikabarkan merapat juga sempat dibantah oleh Djanur.

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia