Persebaya Kekurangan Pemain di Piala Indonesia 2018

Oleh Aditya Wany pada 17 Jan 2019, 21:30 WIB
Diperbarui 17 Jan 2019, 21:30 WIB
Persebaya Surabaya
Persebaya saat latihan. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Persebaya masih memiliki masalah menjelang duel kontra Persinga Ngawi dalam babak 32 besar Piala Indonesia 2018. Jumlah pemain yang mereka miliki masih kurang untuk menjalani laga yang rencananya bakal digelar pada 22 Januari 2019 itu. 

Saat ini, Persebaya baru memiliki 16 pemain yang telah terikat kontrak untuk musim 2019. Namun, hanya 13 di antaranya saja yang sudah hadir di Surabaya. Tiga lainnya, Nelson Alom dan Otavio Dutra, mengajukan izin datang terlambat, sedangkan Rachmat Irianto sedang pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia. 

Dalam sebuah pertandingan, setiap tim biasanya diharuskan memiliki 18 pemain, 11 di antaranya masuk starting line-up dan tujuh sisanya di bangku cadangan. Situasi itu jelas kurang menguntungkan bagi Persebaya.

“Kami masih menunggu regulasi Piala Indonesia. Dari surat yang dikirim kepada kami, pendaftaran pemain bisa dilakukan pada 8-29 Januari. Sebenarnya kalau melihat komposisi yang ada sudah cukup,” kata Candra Wahyudi, manajer Persebaya. 

Persebaya sebenarnya bisa menambal kekurangan pemain itu dengan mendaftarkan sejumlah pemain trial. Seperti ditketahui, terdapat dua pemain yang baru saja datang dengan status itu. Mereka adalah Samsul Pellu (eks Bali United) dan Rizam Baskoro (eks Celebest FC). 

Belum lagi, ada sejumlah pemain junior yang sudah ikut berlatih selama sepekan terakhir. Mereka merupakan beberapa pemain yang musim lalu membela Persebaya U-19 dan PS Kota Pahlawan, klub satelit Persebaya. 

“Kami akan mempelajari lagi regulasinya, melihat kemungkinan pemain yang trial juga bisa diturunkan. Makanya, kami ingin mendalami dulu peraturannya seperti apa,” ujar Candra. 

Tanpa menurunkan pemain trial, Persebaya terpaksa mendaftarkan maksimal 13 pemain yang sudah berada di Surabaya. Mereka adalah Miswar Saputra, Andri Muliadi, Hansamu Yama, Abu Rizal Maulana, M. Syaifuddin, Novan Sasongko, Ruben Sanadi, Misbakus Solikin, M. Hidayat, Oktafianus Fernando, Irfan Jaya, Rendi Irwan, dan Fandi Eko.

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia