20 Pemain Persib Menjalani Tes Kesehatan

Oleh Erwin Snaz pada 18 Jan 2019, 15:15 WIB
Diperbarui 18 Jan 2019, 15:15 WIB
Persib Bandung
Pemain Persib Bandung saat menjalani latihan fisik di Universe Fitnes, Jalan Manado, Bandung, Kamis (17/1/2019). (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Bandung - Sebanyak 20 pemain Persib Bandung melakukan tes kesehatan (medical check-up) di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (18/1/2019). Tes kesehatan ini sebagai bentuk persiapan sebelum menjalani kompetisi musim 2018.

Dokter tim Persib, Raffi Ghani, menyebutkan tes kesehatan yang dilakukan terhadap skuat Maung Bandung itu meliputi test darah, urine, rekam jantung, dan foto dada, dan beberapa tes lain.

"Hari ini baru sekitar 20 pemain yang telah melakukan medical check-up. Beberapa pemain lagi, mungkin menyusul," ujar Raffi di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (18/1/2019).

Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, pelaksanaan cek kesehatan pemain musim ini dilangsungkan di markas Maung Bandung, Graha Persib.

"Biasanya kami memang mendatangi tempat medical check-up. Tapi, kali ini dilakukan di Graha Persib. Pertimbangannya, karena saat ini berkerja sama dengan laboratorium yang berbeda dan tidak memungkinkan serentak datang ke sana. Jadi. tes kesehatan dilakukan di Graha Persib," jelas Raffi.

Mengenai hasil tes kesehatan, Raffi belum bisa mengumumkan langsung karena banyak yang dites. Kemungkinan pada pekan depan ada resume dari keseluruhan pemain yang menjalani tes kesehatan.

"Tes medis ini selain laboratorium, juga pemeriksaan fisik keseluruhan. Dari riwayat dulu, riwayat cedera, dan riwayat operasi. Jadi semuanya diperiksa secara medis hari ini," ucap Raffi.

Meski begitu, Raffi mengungkap dari hasil tes medical nanti, tidak akan diumumkan secara detail kepada media. "Kalau ada sesuatu, paling itu rahasia saya sebagai dokter tim dan si pemain sendiri. Tapi, Insya Allah hasilnya semua bagus," ujarnya.

Raffi mengungkap beberapa pemain yang belum menjalani tes kesehatan, yakni M. Natshir, Ezechiel N'douassel, Bojan Malisic, dan Esteban Vizcarra serta tim pelatih Persib.

"Deden belum siap karena berangkat umrah. Pemain yang lainnya belum datang dan sebagian masih di Timnas Indonesia," kata Raffi.