Latihan Perdana di Persebaya, Hansamu Yama Langsung Klop

Oleh Aditya Wany pada 18 Jan 2019, 16:00 WIB
Hansamu Yama Pranata

Bola.com, Surabaya - Hansamu Yama Pranata tidak menemui kesulitan begitu berjumpa dengan rekan satu tim barunya, Persebaya, dalam latihan di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo, Jumat pagi (18/1/2019). Itu merupakan latihan perdananya setelah dikenalkan secara resmi oleh Persebaya pada Rabu (16/1/2019).

Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu seolah berjumpa dengan kawan-kawan lama di Persebaya. Padahal, pemain asal Mojokerto itu belum pernah sama sekali membela tim senior Persebaya, meski merupakan jebolan kompetisi internal.

Beberapa kali Hansamu mendapat arahan langsung dari asisten pelatih Bejo Sugiantoro yang memimpin latihan itu. Sebagai sesama pemain belakang, Bejo tentu saja sudah gantung sepatu, diyakini bakal berguna bagi keduanya untuk saling berbagi di lapangan.

“Alhamdulillah, saya merasa nyaman. Soalnya kami sesama orang Jawa Timur, pastinya kami cepat nyambung satu sama lain. Ke depan, saya yakin bisa lebih klop lagi sama teman-teman," ucap Hansamu kepada awak media setelah latihan.

Meski terlihat sudah menyatu dengan tim, Hansamu merendah. Dia belum puas dengan latihan perdananya itu. Maklum, ini bukan saja latihan perdananya di Persebaya, bahkan latihan perdananya pada 2019 setelah liburan.

"Saya pribadi merasa belum maksimal karena baru bergabung, apalagi setelah libur panjang. Soal strategi, di awal, saya akan fokus membenahi fisik yang paling utama, yang lain menyusul," imbuhnya.

Di sisi lain, Persebaya akan menghadapi Persinga Ngawi pada leg pertama babak 32 besar Piala Indonesia 2018 pada 22 Januari 2019. Latihan ini memang dilakukan untuk menyiapkan tim jelang laga tersebut.

Kemungkinan Hansamu akan mendapat kesempatan melakoni debutnya bersama Bajul Ijo pada pertandingan itu. Meski Persinga berstatus Liga 3, Hansamu tidak akan meremehkan kekuatan calon lawan Persebaya itu.

"Kami tidak boleh meremehkan lawan, baik Liga 1, Liga 2, atau Liga 3, semua sama bagus kualitasnya. Saya belum pernah lihat (permainan Persinga), tapi yang pasti kami tidak boleh meremehkan lawan," imbuh pemain berusia 24 tahun tersebut.