Bejo Bicara Kans Debut Hansamu Yama pada Laga Persinga Vs Persebaya

Oleh Aditya Wany pada 19 Jan 2019, 17:15 WIB
Hansamu Yama Pranata (Persebaya Surabaya)

Bola.com, Surabaya - Hansamu Yama Pranata menjadi pemain terbaru yang bergabung dengan Persebaya untuk musim 2019. Penampilannya juga dinantikan mengingat dia merupakan pemain jebolan kompetisi internal Persebaya serta berstatus kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Stoper kelahiran Mojokerto itu diharapkan bisa melakoni debut saat Persebaya melawan Persinga Ngawi, Selasa (22/1/2019). Namun, dengan baru dua kali menjalani latihan, asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro, enggan memberi keputusan dini perihal debut Hansamu.

"Saya terus berkoordinasi dengan coach Djanur, tentang siapa saja pemain yang diturunkan, termasuk Yama, karena dia baru bergabung. Sedangkan pemain lain sudah menjalani program persiapan fisik sekitar dua pekan," kata Bejo.

Bejo akan terus memantau performa Hansamu selama latihan sampai Senin (21/1/2019). Dia juga tidak ingin gegabah dan berkoordinasi dengan pelatih kepala Persebaya, Djadjang Nurdjaman, yang sedang di Spanyol, mengikuti kursus lisensi kepelatihan AFC Pro.

Hal yang sama sebenarnya juga terjadi pada kapten Persebaya, Ruben Sanadi. Pemain berusia 33 tahun itu menjalani latihan perdana musim 2019 ini pada Jumat (18/1/2019).

Keterlambatan keduanya gabung latihan tentu memengaruhi kondisi kebugaran. "Ruben juga akan kami pantau kondisinya sampai menit terakhir. Dia baru bergabung," ucap Bejo.

Secara terpisah, Hansamu tidak masalah seandainya harus menunda laga debut di klub masa kecilnya ini saat Persebaya melawan Persinga. "Saya profesional. Bila pelatih menurunkan saya, saya siap," kata pemain berusia 24 tahun itu.