Edy Rahmayadi Resmi Mundur dari Jabatan Ketua Umum PSSI

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 20 Jan 2019, 10:12 WIB
Kongres PSSI, PSSI, Bola.com, Edy Rahmayadi, Kongres Tahunan PSSI

Bola.com, Bali - Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, resmi menyatakan mundur dari jabatannya dalam Kongres Tahunan PSSI yang digelar di Hotel Sofitel, Bali, Minggu (20/1/2019). Edy mundur karena tekanan yang terus diterimanya.

"Pada kesempatan ini saya menyatakan mundur dari ketua PSSI, dengan syarat besarkan PSSI. Saya serahkan bendera ini. Saya berhenti dengan sah detik ini," ujar Edy.

"Saya serahkan kepemimpinan ini, akan dilanjutkan. Saya tidak mau ada yang mengkhianati keputusan saya ini," lanjut mantan Pangkostrad itu di Kongres PSSI.

Akun media sosial resmi PSSI mengunggah postingan tak lama setelah keputusan mundur Edy Rahmayadi, yang disampaikan saat memberikan pidato pembukaan tersebut.

"Edy Rahmayadi menyampaikan pengunduran diri sebagai Ketua Umum PSSI pada Kongres PSSI 2019 di Bali," bunyi pernyataan resmi PSSI seperti dikutip akun media sosial resmi PSSI pada Minggu (20/1/2019).

"Terima kasih atas segala dedikasinya untuk sepak bola Indonesia, Pak Edy!," pungkas pernyataan tersebut.

Edy Rahmayadi menjadi Ketua Umum PSSI pada 2016. Dengan begitu seharusnya masa jabatannya hingga 2020. Namun, adanya desakan dari berbagai kalangan terutama setelah ia menjabat sebagai Gubernur Sumatra Utara, membuatnya memutuskan mundur.

Dengan pengunduran diri Edy Rahmayadi, tampuk kepemimpinan PSSI saat ini diserahkan kepada Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.