Semen Padang Berharap Aturan Piala Presiden Berlaku di Piala Indonesia

Oleh Arya Sikumbang pada 22 Jan 2019, 05:15 WIB
Semen Padang

Bola.com, Padang - Manajemen Semen Padang berharap PSSI memberlakukan regulasi menyangkut penggunaan pemain asing di Piala Presiden untuk Piala Indonesia 2018.

Hal itu tak terlepas dari kemungkinan Semen Padang tak bisa menurunkan pemain asing anyarnya di babak 32 besar Piala Indonesia 2018.

Pemain asing baru itu, Shukurali Pulatov dan Nildo Victor Joffu, seperti diketahui saat ini belum mengantongi Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS).

Manajer Semen Padang, Win Bernadino, mengatakan pada ajang Piala Presiden, regulasi menyangkut hal tersebut telah diatur. Di mana pemain asing baru yang kapasitasnya masih seleksi oleh klub, boleh diturunkan. Hal itu dianggap sebagai bagian dari seleksi bagi seluruh kontestan.

"Memang, Piala Indonesia aturannya seiring dengan Liga 1. Meski begitu, menyoal pemain asing yang baru direkrut, belum diputuskan, apakah bisa dimainkan tanpa KITAS atau tidak. Namun, kami berharap aturan Piala Presiden berlaku di Piala Indonesia, sebab mengurus KITAS itu membutuhkan waktu minimal satu bulan baru selesai," ungkap Win Bernadino.

Menurutnya, jika PSSI mensyaratkan pemain baru yang didaftarkan di babak 32 besar harus yang memiliki KITAS, klub Liga 1 tidak bisa menurunkan pemain asing yang baru berkiprah di Indonesia. Padahal, sejak awal, PSSI memberikan kesempatan kepada tiap klub untuk mencoba pemain baru mereka di lanjutan Piala Indonesia.

"Yang diuntungkan tentu tim yang pemain asing mereka telah mengantongi KITAS. Jika itu berlaku, tentu kami tidak bisa menurunkan dua pemain asing di babak 32 besar nanti," ujar Win.

 

2 of 2

Bersua PS Tira

Sebelumnya, PSSI memperbolehkan klub peserta mendaftar ulang 30 pemainnya pada babak 32 besar Piala Indonesia. Aturan baru itu sengaja dibuat agar masing-masing tim bisa menyeleksi pemain anyar untuk menyambut kompetisi musim 2019.

Bongkar pasang komposisi pemain juga akan tetap diterapkan pada babak 16 besar dan babak 8 besar Piala Indonesia 2018. Namun, pada fase itu, perombakannya sudah dibatasi hingga tujuh pemain saja.

Di babak 32 besar Piala Indonesia 2018, Semen Padang akan bersua PS Tira. Tim Kabau Sirah lebih dulu jadi tuan rumah pada Jumat (25/1/2019), kemudian pada leg kedua, 2 Februari 2019, giliran tandang ke markas lawan.

Lanjutkan Membaca ↓