Ismed Sofyan Mengakui Persija Harus Mencari Karakter dari Awal Lagi

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 21 Jan 2019, 22:35 WIB
Pawai Persija Jakarta

Bola.com, Jakarta - Bek kanan Persija Jakarta, Ismed Sofyan, mengakui Macan Kemayoran harus menemukan lagi karakter tim dengan perubahan materi tim jelang musim 2019.

Kapten Persija saat menjuarai Liga 1 2018 itu menyebut perubahan materi pemain dalam tim membuat Macan Kemayoran harus memulai segalanya dari nol.

Persija melepas banyak pemain setelah menjadi juara Liga 1 2018. Selain Gunawan Dwi Cahyo, Rudi Widodo, dan beberapa pemain lokal, tiga pemain asing Persija juga pergi, yaitu Rohit Chand, Jaimerson da Silva Xavier, dan Renan Silva.

Meski pemain baru sudah tiba, termasuk tiga pemain asing, Bruno Matos, Jakhongir Andumuminov, dan Vinicius Lopes Laurindo, bukan berarti Persija bisa langsung menemukan kondisi terbaik mereka.

Ismed Sofyan menyebut perubahan pemain dan terutama pelatih, membuat Persija harus menemukan karakter permainan lagi.

"Kalau boleh saya katakan, yang kurang saat ini adalah karakter. Dengan pergantian pelatih dan pemain, saya pikir karakter juga akan berbeda. Taktik, lalu metode latihan, semua berbeda," ujar Ismed Sofyan seusai latihan Persija di lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Senin (21/1/2019).

"Hal ini yang harus kami mulai beradaptasi lagi dari awal. Memang karakter yang dulu tidak dihilangkan begitu saja, tapi kami juga harus beradaptasi dengan yang baru," lanjut pemain senior di Persija itu.

Persija akan menjalani laga resmi pertama di tahun 2019 dengan menjamu Kepri 757 Jaya dalam leg pertama 32 besar Piala Indonesia 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (23/1/2019).

Laga tersebut diharapkan bisa berakhir dengan positif bagi Macan Kemayoran sekaligus ajang melihat kemajuan Persija di bawah asuhan Ivan Kolev.

Skuat Persija sudah dua pekan mendapatkan latihan di bawah arahan Ivan Kolev. Dua leg babak 32 besar Piala Indonesia 2018 kontra Kepri 757 Jaya dan kualifikasi babak pertama Liga Champions Asia 2019 kontra Home United akan menjadi tiga ujian awal bagi pelatih asal Bulgaria itu.