Daftar 25 Pemain Madura United Musim 2019, Los Galacticos Indonesia?

Oleh Aditya Wany pada 22 Jan 2019, 07:15 WIB
Madura United

Bola.com, Bangkalan - Madura United sudah memiliki 25 pemain yang secara resmi diumumkan sebagai anggota skuat musim 2019. Angka itu terbilang cukup banyak mengingat kompetisi Liga 1 2019 rencananya masih akan digelar pada Mei 2019.

Dari jumlah tersebut, 12 di antaranya adalah pemain yang masuk skuat pada musim lalu. Lalu, separuh sisanya adalah pemain baru, dengan rincian tiga mantan pemain Madura United U-19 dan 10 pemain yang didatangkan dari klub lain.

Pemain pertama yang diumumkan klub berjulukan Laskar Sape Kerap itu adalah Dane Milovanovic. Gelandang bertahan asal Australia itu dipanggil kembali setelah pernah bergabung pada 2016-2017 dan bermain di kompetisi domestik negaranya pada 2018.

Berikutnya, Andik Vemansah menjadi pemain anyar kedua yang didatangkan Madura United. Kabar merapatnya Andik sempat menghebohkan publik mengingat dia digadang-gadang bakal bergabung ke klub masa kecilnya, Persebaya, setelah lima musim berkarier di Malayasia.

Kabarnya, pemain sayap kelahiran Jember ini memiliki nilai kontrak yang tinggi dan tidak disanggupi oleh manajemen Persebaya. Berdasarkan situs web transfermarkt, Andik memiliki market value mencapai 125 ribu euro atau setara dengan sekitar Rp2 miliar.

Belum lagi Aleksandar Rakic, yang bakal menjadi tumpuan lini depan. Striker asal Serbia ini telah mengoleksi 21 gol bersama PS Tira musim lalu. Meski demikian, Rakic mengalami naik turun performa bersama PS Tira yang hampir terdegradasi dari Liga 1 musim 2018.

Pemain berusia 32 tahun itu kemudian keluar sebagai top scorer Liga 1 2018 berkat koleksi golnya itu. Menurut situs web transfermarkt, dia memiliki nilai pasar mencapai 270 ribu euro atau sekitar Rp4,3 miliar.

Transfer yang tak kalah mengejutkan adalah kedatangan eks Persija Jakarta, Jaimerson da Silva Xavier. Stoper asal Brasil itu merupakan bagian integral skuat Macan Kemayoran yang menjuarai Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018.

2 of 3

6 Pemain Timnas Indonesia

Menurut rumor, Jaimerson merupakan pemain yang memiliki nilai kontrak termahal di Madura United. Berdasarkan transfermarkt, pemain yang akrab disapa Jaime itu memiliki nilai pasar mencapai 600 ribu euro atau sekitar Rp9,7 miliar.

Angka itu terbilang fantastis untuk mengontrak pemain di Liga 1. Belum dipastikan apakah kontrak Jaime memang menyentuh nilai tersebut. Namun, melihat kontribusinya bersama Persija, sangat mungkin dia mendapat bayaran tinggi.

Kehadirannya otomatis menyingkirkan rekan senegaranya, Fabiano da Rosa Beltrame, yang telah menjadi bek asing selama tiga musim pada 2016-2018. Kabarnya, Fabiano sedang mengurus proses naturalisasi agar tetap bisa membela Madura United.

Lalu, kedatangan tiga pemain Timnas Indonesia, selain Andik, juga menambah label bintang pada Madura United musim ini. Mereka adalah kiper Muhammad Ridho Djazulie, Zulfiandi, dan Alberto Goncalves. Ditambah dengan Fachruddin Aryanto dan Alfaath Faathier, keenam pemain itu turun di Piala AFF 2018.

Pemain baru lain yang melengkapi skuat Madura United, adalah Fandry Imbiri dan Gufroni Almaruf. Sementara tiga pemain lain yang promosi dari tim U-19 ke tim senior, yakni Fawaid Ansori, Drey Buyung, dan Dava Aldiansyah.

Nama terakhir sebenarnya sudah sempat muncul ke publik karena statusnya sebagai mantan pemain Timnas Indonesia U-19 arahan Indra Sjafri pada 2017. Namun, dia gagal menembus skuat, kalah bersaing dengan M. Rafli Mursalim dan Hanis Saghara Putra.

3 of 3

Daftar Pemain Madura United Musim 2019

Kiper

Satria Tama Hardiyanto, Muhammad Ridho Djazulie, Fawaid Ansori

Belakang

Rifad Marasabessy, Markho Sandy Meraudje, Fachruddin Aryanto, Fandry Imbiri, Jaimerson da Silva Xavier, Guntur Ariyadi, Andik Rendika Rama, Alfaath Faathier

Tengah

Irsan Lestahulu, Asep Berlian, Dane Milovanovic, Zah Rahan, Slamet Nurcahyo, Zulfiandi, Gufroni Almaruf, Drey Buyung

Depan

Andik Vermansah, Engelberd Sani, Greg Nwokolo, Dava Aldiansyah, Aleksandar Rakic, Alberto Goncalves

*Ket: sampai Selasa pagi (22/1/2019)

Lanjutkan Membaca ↓