Prediksi Persija vs 757 Kepri Jaya: Ujian Pertama Sang Juara

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 23 Jan 2019, 07:15 WIB
Piala Indonesia Logo

Bola.com, Bekasi - Persija Jakarta menjamu 757 Kepri Jaya dalam leg pertama 32 besar Piala Indonesia 2018 yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (23/1/2019). Pertandingan ini menjadi ujian pertama bagi sang juara Liga 1 2018, di mana pergantian pelatih dan sejumlah pemain menjadi sorotan utama The Jakmania dalam laga pertama mereka di 2019 itu.

Bagi Persija yang berstatus juara Liga 1 2018, pertandingan leg pertama 32 besar Piala Indonesia 2018 ini menjadi momen yang bagus untuk melihat hasil latihan dalam dua pekan terakhir, di mana mereka mempersiapkan diri untuk tampil di Kualifikasi babak pertama Liga Champions Asia 2019 yang digelar 5 Februari mendatang.

Apalagi Strategi Ivan Kolev sebagai pelatih baru Macan Kemayoran sudah sangat dinantikan oleh pendukung Persija yang pasti akan memadati Stadion Patriot Candrabhaga. Ya, pertandingan ini akan menjadi ujian pertama bagi sang juara, dan juga bagi Ivan Kolev, yang diminta oleh The Jakmania untuk membuktikan kualitas tim dalam tiga pertandingan pertama.

Ivan Kolev percaya dengan kualitas pemain Persija, meski banyak pemain yang pergi setelah menjadi juara. Pelatih berusia 61 tahun itu pun menegaskan keinginan Macan Kemayoran untuk memenangi pertandingan, termasuk ketika bertandang ke Stadion Citra Mas, Batam, kandang 757 Kepri Jaya, pada 31 Januari mendatang.

"Tentu kami ingin memenangi dua pertandingan Piala Indonesia untuk persiapan kompetisi AFC. Kami akan bermain serius. Saya puas dengan kualitas pemain yang saya miliki dan saya berharap mereka benar-benar memperlihatkan 100 persen kemampuan mereka," ujar Kolev.

Hal senada juga diungkapkan oleh pemain senior Persija Jakarta, Maman Abdurrahman. Pemain berusia 36 tahun itu menegaskan laga kontra 757 Kepri Jaya tidak akan mudah. Namun, harapan untuk meraih hasil bagus setelah latihan keras di bawah asuhan Kolev dalam satu pekan terakhir bisa terwujud.

"Pertandingan ini menjadi ujian pertama setelah pergantian pelatih. Saya pikir pertandingan ini akan menarik karena Kepri Jaya datang juga dengan tekad membuktikan mereka mampu menjadi lawan yang tangguh. Pertandingan ini tak akan mudah bagi kami. Namun, kami bekerja keras dan berusaha menjalankan apa yang telah diberikan pelatih selama satu pekan terakhir. Semoga hasilnya bagus," ujar Maman.

Persija Jakarta menggunakan dua laga 32 besar Piala Indonesia 2018 ini sebagai persiapan menuju kualifikasi Liga Champions Asia 2019 kontra Home United pada 5 Februari mendatang. Dengan belum bisa dipastikan apakah empat pemain baru Persija bisa dimainkan atau tidak di kompetisi AFC, maka akan menarik melihat apakah Kolev akan memainkan keempat pemain tersebut di Stadion Patriot.

2 of 2

757 Kepri Jaya Siap Menyulitkan Persija di Depan The Jakmania

Sementara itu, 757 Kepri Jaya datang ke Bekasi setelah lolos ke 32 besar usai menyingkirkan PSMS Medan di babak sebelumnya. Meski berstatus klub Liga 3, 757 Kepri Jaya datang dengan mentalitas yang kuat untuk menyulitkan Persija Jakarta sebelum menjamu Macan Kemayoran di Batam pada pertandingan leg kedua.

"Kami sudah bersiap sebaik mungkin. Kami respek terhadap lawan kami, Persija yang merupakan tim besar dan juara. Namun, kami datang bukan hanya memenuhi tanggung jawab kami di Piala Indonesia. Kami datang dengan persiapan matang. Kami percaya diri dan siap bermain maksimal," ujar pelatih 757 Kepri Jaya, Regi Aditya.

Menyadari kualitas kompetisi yang jauh berbeda antara Liga 1 dan Liga 3, tentu saja 757 Kepri Jaya tak ingin jemawa menyebut ingin meraih kemenangan. Apalagi lawan yang harus dihadapi adalah tim yang baru saja menjadi juara kompetisi kasta tertinggi di Indonesia. Namun, kerja keras dan berjuang di lapangan menjadi yang paling penting bagi mereka dalam laga kali ini.

"Kami sudah siap untuk bertanding. Kami datang ke sini dengan berlatih maksimal. Apa yang sudah diberikan oleh pelatih akan kami terapkan di lapangan. Menang kalah bagi kami adalah urusan belakangan, tapi yang terpenting adalah kerja keras untuk menghadapi Persija," tegas kiper 757 Kepri Jaya, Muhammad Ridho.

Prakiraan susunan pemain:

Persija (4-4-2): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Vinicius Lopes, Tony Sucipto (belakang); Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak (tengah); Marko Simic, Bambang Pamungkas (depan)

Pelatih: Ivan Kolev

757 Kepri Jaya (4-3-3): M Ridho (kiper); Aziz Nurhin, Moh. Lutfi, Muhammad Andika, Dimas Adiguna (belakang); Defri Krisna Bayu, Wirdan Jaka Septian, Hafid (tengah); Nanang Nurfianto, Yandi Saputra, Haniful Karim (depan) 

Pelatih: Regi Aditya

Lanjutkan Membaca ↓