Sebelum Wafat, Ronaldikin Berpesan agar Suporter Indonesia Bersatu

Oleh Erwin Snaz pada 22 Jan 2019, 21:35 WIB
Ronaldikin (Foto: Instagram)

Bola.com, Bandung - Suporter Indonesia berduka. Pada Selasa (22/1/2019) sore tepatnya pukul 15.05 WIB, satu suporter Indonesia, Ronaldikin alias Sodikin yang mirip dengan bintang sepak bola dunia, Ronaldinho, meninggal dunia.

Almarhum sebelummya sempat dirawat di rumah sakit Al Ihsan, Bale Endah, Kabupaten Bandung selama tiga hari karena sakit radang tenggorokan dan infeksi paru-paru.

"Besok pagi (Rabu, 23/1/2019) rencananya pukul 07.00 pagi akan dimakamkan di Banjaran, tidak jauh dari rumah. Sakit almarhum ini diderita sejak dua bulan lalu. Minta doanya saja untuk Almarhum," ujar Firdian Purnama, salah satu keponakan Ronaldikin saat dihubungi Selasa (22/1/2019) malam.

Selama ini menurut Firdian, almarhum lebih banyak beraktivitas di Kota Jakarta. Pulang ke Bandung dalam satu pekan hanya satu hari.

Asti Susiantini, keponakan almarhum, menambahkan pihak keluarga baru tahu jika Almarhum menderita sakit empat hari lalu karena kerja di Jakarta.

"Karena beliau kerja di Jakarta terus handphonenya rusak, jadi teman-temannya yang di sana (Jakarta) yang menghubungi keluarga," jelasnya.

Kemudian pihak keluarga, lanjut Asti, menjemput Almarhum dan membawa ke rumah sakit dari hari Minggu (20/01/2019) dan meninggal Selasa sore.

"Almarhum selama menjadi suporter bola tidak bicara Viking saja, karena dia penggemar sepak bola. Beliau berharap tak hanya pendukung Persib dan Persija saja yang besatu tapi semuanya," ujarnya.

Menurut Asti, almarhum Ronaldikin mengoleksi syal semua suporter yang ada di Indonesia. "Dia punya impian menyatukan suporter seluruh Indonesia, bukan hanya Persib dan Persija saja," katanya.