Akhir Januari, 2 Pemain Asing Persebaya Tiba

Oleh Aditya Wany pada 24 Jan 2019, 19:45 WIB
Diperbarui 24 Jan 2019, 19:45 WIB
Persebaya Surabaya
Persebaya saat latihan. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Dua pemain asing Persebaya, Amido Balde dan Damian Lizio, akan segera merapat pada akhir Januari nanti. Proses negosiasi manajemen Persebaya dengan pihak mereka sudah mendekati akhir.  

Pekan lalu, Bola.com sempat mengonfirmasi dua nama itu kepada Manajer Persebaya, Candra Wahyudi, Jumat (18/1/2019). Candra tidak membantahnya. Bahkan, surat penawaran itu telah dikirim untuk mendatangkan mereka. 

“Sudah jalan dari seminggu yang lalu, sudah kirimkan surat undangan ke pemain asing. Mudah-mudahan dalam minggu ini atau paling lama akhir bulan (datang),” kata Candra.

Meski demikian, Candra masih enggan menyebutkan nama pemain yang akan datang itu. Namun, pria berusia 41 tahun itu tetap tidak menampik Balde dan Lizio yang akan bergabung menjadi pemain asing Bajul Ijo. “Lihat saja nanti (namanya),” ucap Candra. 

Jika sudah tiba di Indonesia, kedua pemain itu akan langsung mendapatkan kontrak, tanpa harus menjalani trial. Sebelumnya, pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman menegaskan hal itu karena sudah mengamati penampilan mereka lewat video. 

Candra pun sependapat dengan penyataan pelatih yang akrab disapa Djanur itu. 

“Kami sudah pelajari kualitasnya dan tetap ada prosedur seperti tes medis dan sebagainya. Tapi rasanya soal skill sudah sesuai dengan kebutuhan tim, dan sudah dipantau juga oleh tim pelatih. Mungkin tinggal syarat administratif dan kesehatan saja,” ujar manajer asal Bojonegoro itu.

Balde merupakan penyerang asal Timnas Guinea-Bissau yang pernah juga membela Timnas Portugal U-20. Dia banyak menghabiskan kariernya di Portugal, Skotlandia, dan Prancis, bersama beberapa klub.

Sementara Lizio adalah gelandang berpaspor Bolivia kelahiran Argentina. Dia pernah membela Timnas Argentina U-20 yang kemudian karier seniornya dilalui bersama Timnas Bolivia. Terakhir dia membela klub asal negaranya, Bolivia.