Hansamu Yama Makin Nyaman di Persebaya

Oleh Aditya Wany pada 26 Jan 2019, 13:15 WIB
Hansamu Yama Pranata (Persebaya Surabaya)

Bola.com, Surabaya - Stoper Hansamu Yama Pranata sudah satu pekan lebih menjalani latihan bersama Persebaya sejak dikenalkan secara resmi pada Rabu (16/1/2019). Hansamu menjalani latihan perdana, dua hari kemudian, atau pada Jumat (18/1/2019).

Setelah satu pekan berlalu, Hansamu kini terlihat semakin akrab dengan pemain Persebaya lainnya, seperti yang terlihat saat sesi latihan di Lapangan Polda Jatim, Surabaya, Sabtu pagi (26/1/2019). Ia terlihat bercanda, tertawa, dan ngobrol setiap jeda latihan dengan rekan satu timnya.

"Rasanya semakin nyaman bersama klub ini. Semua pemain welcome, menyambut kedatangan saya. Saya merasa tidak kesulitan beradaptasi, semuanya sudah berjalan lancar," kata Hansamu kepada Bola.com setelah latihan.

Komunikasi Hansamu dengan pemain Persebaya juga tidak terkendala. Sebagai pemain asal Mojokerto, dia malah membiasakan obrolan menggunakan Bahasa Jawa dengan Rendi Irwan dkk.

Seperti diketahui, keputusan Hansamu untuk bergabung Persebaya didasari keinginan sejak lama. Pemain berusia 23 tahun itu pernah bergabung klub internal Persebaya dan turun di kompetisi internal.

Itulah mengapa dia sudah mengenal beberapa pemain Persebaya yang juga berstatus didikan kompetisi internal. Di antaranya, Oktafianus Fernando, Rendi Irwan, Misbakus Solikin, dan Mokhamad Syaifuddin.

"Saya merasa dekat dengan beberapa pemain. Seperti dengan Syaifuddin yang pernah sama-sama di SAD Uruguay. Lainnya adalah Ofan (sapaan akrab Oktafianus) dan Mas Rendi. Semuanya baik," ucap kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu.

Karier Hansamu terbilang berjalan mulus. Selepas dari klub internal Persebaya, dia bergabung SAD Uruguay. Dia juga menjuarai Piala AFF U-19 2013 bersama Timnas Indonesia U-19 arahan Indra Sjari.

Setelah itu, Hansamu menjalani debut profesional bersama Barito Putera. Di sana, dia bergabung selama empat tahun, 2015-2018, sebelum akhirnya hijrah ke klub masa kecilnya, Persebaya.