Sukses


Piala Indonesia Dijadwal Ulang, Babak 16 Besar Diputar Bersamaan Liga 1 2019

Bola.com, Malang - Penyelenggaraan Piala Indonesia 2018 tampaknya akan berakhir lebih lama. Setelah menyelesaikan fase 32 besar hingga bulan depan, turnamen ini akan kembali memasuki masa jeda.

PSSI baru menjadwal ulang babak 16 besar ketika kompetisi Liga 1 berlangsung. Hal ini berarti, Piala Indonesia 2018 dilanjutkan bersamaan dengan kompetisi reguler musim 2019.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto. Babak 16 besar Piala Indonesia 2018 mundur karena ada turnamen Piala Presiden yang akan dimulai pada Maret 2019.

"Sebenarnya tahun ini tidak dijadwalkan Piala Presiden. Tapi, sponsor ingin ada kesinambungan sehingga Piala Indonesia yang harus mengalah," jelas Iwan Budianto.

Keseriusan menggelar Piala Indonesia pun jadi pertanyaan lantaran turnamen ini baru tuntas dalam dua musim. Piala Indonesia sudah dimulai sejak 2018. Namun, jumlah peserta yang banyak, membuat prosesnya lebih panjang.

"Yang jelas, babak 16 besar sampai final Piala Indonesia akan dituntaskan di tengah-tengah kompetisi, yakni antara Mei-Desember 2019," lanjut IB, sapaan karib Iwan Budianto.

Beberapa klub sempat kesal dengan ketidakjelasan jadwal Piala Indonesia karena sejak awal tidak ada jadwal pasti kapan turnamen ini tuntas. Tetapi, PSSI sudah menegaskan juara Piala Indonesia jadi wakil Indonesia di kancah Asia pada 2020.

Dengan begitu, turnamen ini baru berakhir tahun 2019, hanya bulan apa, yang belum bisa dipastikan. Mayoritas kontestan kini menjadikan Piala Indonesia sebagai pemanasan karena PSSI memperbolehkan klub yang lolos di babak 32 besar melakukan perubahan komposisi pemain.

Beberapa pemain asing baru juga sudah boleh diturunkan sehingga regulasinya dinilai lebih longgar ketimbang Liga 1.

Penyelenggaraan Piala Indonesia saat ini dipegang PSSI. Sementara Liga 1 menggunakan PT Liga Indonesia Baru sebagai operator. Meski berbeda, keduanya berharap jadwal tidak sampai berbenturan. Hanya, selama ini Piala Indonesia yang lebih banyak mengalah dengan mencari jadwal saat Liga 1 libur.

Video Populer

Foto Populer