Bandung Premier League Jadi Kompetisi Sepak Bola Pertama di Indonesia yang Gunakan VAR

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 29 Jan 2019, 04:30 WIB
Bandung Super League

Bola.com, Bandung - Sepak bola Indonesia dibuat takjub dengan sebuah gebrakan yang dilakukan Bandung Premier League. Kompetisi sepak bola amatir itu mencatatkan diri sebagai yang pertama di Indonesia menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Bandung Premier League diikuti 16 tim amatir yang berasal dari Bandung dan Jawa Barat. Kompetisi amatir itu memulai pekan pertamanya pada 2 Desember 2018.

Pada pekan ketujuh yang dimulai 20 Januari 2019, Bandung Premier League untuk pertama kalinya menggunakan teknologi VAR. Hal ini tentu saja menawarkan sesuatu yang berbeda.

"Kami akan terus perbaiki kekurangan VAR yang ada dengan terus membeli peralatan lebih canggih ke depannya. Keterbatasan bukan kendala untuk bisa lebih maju dan profesional," bunyi pernyataan di akun Instagram Bandung Premier League.

Meskipun hanya kompetisi amatir, namun penggunaan VAR di Bandung Premier League mendapatkan perhatian dari media asing. ASEAN Football tak ragu menyejajarkan Bandung Premier League dengan kompetisi Asia Tenggara lainnya yang juga sudah menggunakan VAR mulai 2019 seperti V-League Vietnam, Thai League, dan Malaysia Super League.

"Kami bangga mewakili Indonesia. Terima kasih kepada semua yang telah membantu menginformasikan liga kami. Bandung Premier League sudah menggunakan VAR," ujar pernyataan tersebut.

VAR merupakan penggunaan teknologi video untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan yang lebih tepat. Teknologi ini digunakan pertama kali pada sepak bola tertinggi di Piala Dunia 2018.