Adaptasi Lapangan Sintetis Jadi Persiapan Persija Hadapi Home United

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 29 Jan 2019, 10:16 WIB
Striker Persija Jakarta, Marko Simic, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang 757 Kepri Jaya. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta akan melawat ke markas Home United, Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (5/2/2019), pada laga Kualifikasi Babak Pertama Liga Champions Asia 2019. Tak ingin tampil seadanya, Persija Jakarta fokus beradaptasi dengan model lapangan sintetis, yang dipakai di rumah Home United.

 

 

Hal itu terbukti dengan keputusan Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev, untuk melatih anak asuhnya merasakan lapangan sintetis. Walhasil, sebelum berangkat, Persija menyempatkan diri berlatih di lapangan sintentis di Jakarta, Senin (28/1/2019) malam.

Tadi malam, Riko Simanjuntak dkk melakukan latihan khusus di lapangan sintetis Rugby, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan. Keputusan ini sangat krusial, karena markas Home United menggunakan rumput sintetis, sehingga faktor keterbiasaan menjadi poin penting.

"Kami mencoba beradaptasi dengan lapangan seperti ini. Memang kualitasnya lebih bagus di sini ketimbang di Singapura, jadi pasti tidak sama. Saya berharap tidak ada masalah nantinya. Saya berharap pemain bisa beradaptasi dan melewati pertandingan itu dengan baik," ujar Ivan Kolev.

Persija akan mampir ke Batam untuk menjalani leg kedua 32 besar Piala Indonesia 2018 di Stadion Citra Mas, Kamis (31/1/2019). Setelah laga tersebut, Macan Kemayoran akan langsung bertolak ke Singapura guna melakukan laga Kualifikasi Babak Pertama Liga Champions Asia 2019, di Stadion Jalan Besar.

Proses adaptasi lapangan dianggap perlu sebelum Persija Jakarta menghadapi Home United di Stadion Jalan Besar, Singapura. Alasannya pada musim lalu para pemain Persija Jakarta tampak terkejut saat harus bermain di lapangan sintentis. Kala itu, para pemain mengeluhkan kaki yang lebih cepat panas karena permukaan rumput yang keras.