Aji Santoso Ungkap Keunggulan Sepak Bola Spanyol

Oleh Zaidan Nazarul pada 30 Jan 2019, 08:15 WIB
Persija Jakarta Vs Persela Lamongan

Bola.com, Jakarta - Setelah menyelesaikan kursus lisensi AFC Pro modul 7 di Spanyol, pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso berbagi pengalaman selama menimba ilmu di Deportivo Alaves mulai 18-28 Januari 2019.

Aji mengungkapkan, ada perbedaan yang sangat mendasar dari sepak bola Indonesia dengan Spanyol. "Dari segi fasilitas sudah sangat berbeda. Di sini, semua klub memiliki fasilitas sangat lengkap. Itu milik mereka sendiri, bukan milik pemerintah seperti di negara kita," ujar Aji.

Fasilitas klub di Spanyol juga berstandar tinggi. Dari lapangan latihan dan lainnya, menurut Aji kondisinya sangat terawat dan bagus. Mulai kerataan permukaan lapangan sampai rumputnya juga bagus.

Satu hal lagi mengenai kultur sepak bola di Spanyol. Di mata Aji, salah satu kunci sukses sepak bola Spanyol adalah bekal yang diberikan pada pemain sejak dini.

"Di Spanyol, pemain diajarkan etos kerja tinggi, kedisiplinan serta pemahaman taktik, sehingga, ini terbawa sampai dewasa. Saya rasa itu dulu yang bisa kita tiru dari mereka. Soal standar lainnya mungkin perlahan-lahan bisa diterapkan di Indonesia," ujar Aji.

Sebelum pulang ke Indonesia, Aji menyempatkan diri melihat pertandingan antara Atletico Madrid lawan Getafe (2-0), Sabtu (26/1/2019) di Stadion Wanda Metropopllitano, Madrid. "Saya foto-foto dulu untuk kenang-kenangan sebelum pulang," ujar Aji Santoso.